Usai Insiden Kematian Luis Salom, MotoGP Pakai Layout Trek F1 di Catalunya

0
Revisi_Layout-Catalunya-F1_1
Direksi Balap MotoGP mengubah layout Catalunya di tikungan 12 mengikuti trek F1 (bertanda hijau) usai insiden kematian Luis Salom. Foto:MCN

Barcelona (naikmotor) – Menyusul insiden besar tewasnya Luis Salom usai mengalami kecelakaan fatal di tikungan 12, Direksi Balap MotoGP pun langsung mengambil keputusan untuk mengubah layout sirkuit. Layout yang bakal mereka gunakan berdasarkan kesepakatan sementara adalah jalur balap yang digunakan untuk balap Formula 1.

Atas persetujuan keluarga Luis Salom, rider dan tim, seri MotoGP Catalunya akan dilanjutkan dengan revisi layout di tikungan 12. Hal ini diputuskan setelah beberapa pembalap melakukan pertemuan dengan komisi keselamatan.

Beberapa pembalap yang mengikuti pertemuan antara lain Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow.

Layout baru tersebut diubah menjadi chicane seperti yang digunakan di balapan F1 dimana dua tahun sebelumnya telah diuji resmi oleh MotoGP. Untuk mengenal layout baru bagi para pembalap, sesi FP3 Moto3, Moto2 dan MotoGP akan ditambah waktu selama 15 menit.

Revisi_Layout-Catalunya-F1
Layout trek balap F1 (wikipedia)

Berbicara tentang perubahan jalur ini, memang Sirkuit Catalunya punya dua mode layout untuk balap prototipe dunia Formula 1 dan MotoGP. Perbedaan besarnya terdapat di zona tikungan La Caixa dan Europcar. Dua zona ini membuat jumlah tikungan untuk layout balap F1 jadi lebih banyak yaitu 16 tikungan ketimbang MotoGP yang hanya 13 tikungan.

Di zona La Caixa, tikungan untuk balap MotoGP, dibuat lebih landai dan memungkinkan pembalap untuk melakukan rolling speed. Sementara untuk balap F1, tikungan 10 mengambil jalur yang lebih pendek dan lebih patah, kemudian ditambahkan lagi 1 tikungan landai yaitu tikungan 11 sebelum menuju ke Banc de Sabadell atau tikungan ke-12. Sedangkan di layout MotoGP, zona Banc de Sabadell adalah tikungan ke-11.

Untuk zona Europcar, jalur yang terhitung sebagai tikungan 12 untuk balap MotoGP sekaligus zona terjadinya insiden maut Luis Salom, dibikin lebih lancip untuk layout balap F1. Di tikungan ini disambung dengan tikungan 14 dan 15 yang membentuk huruf S, sebelum menutup tikungan terakhir.

Tujuan dibuatnya banking (chicane) untuk layout mobil F1, karena tenaga besarnya, cukup berisiko membuat pembalap kehilangan grip di kecepatan tinggi. Seperti insiden yang dialami mendiang Ayrton Senna di tikungan Tamburello, Monza, Italia 1994 silam.

Jika dilihat secara layout, memang tikungan 12 untuk balap MotoGP ini, sudah mengorbankan beberapa pembalap. Tapi baru kali ini memang menelan korban nyawa. Julian Simon saat membalap untuk tim Aspar Moto2 juga pernah melakukan kesalahan besar hingga membuatnya mengalami cedera serius.

Semua layout Sirkuit Catalunya untuk F1 ini akan dipakai penuh. Bukan hanya di zona Europcar saja. Mengingat di zona tikungan La Caixa juga sering terjadi insiden. Ini juga memberikan kesempatan pada pembalap untuk bisa kembali ke lintasan. Mengingat zona run-off nya bertambah. (Spy/NM)

Revisi_Layout-Catalunya-2
Layout trek MotoGP (wikipedia)

LEAVE A REPLY