Ducati 1299 Panigale S Anniversario untuk 90 Tahun Ducati

1
Ducati 1299 Panigale
Ducati 1299 Panigale
Ducati superbike 1299 Panigale S Anniversario 90 tahun Ducati diproduksi 500 unit. Foto: Ducati

Bologna (naikmotor) – Ducati menampilkan edisi khusus Panigale untuk 90 tahun kiprahnya. Model superbike Ducati itu ditampilkan di World Ducati Week di Misano. Ducati 1299 Panigale S Anniversario hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja.

Model ditampilkan bukan hanya sekedar kosmetik saja dengan aksen emas pada berbagai komponen logamnya, tetapi dijejali perangkat elektronik terkininya, seperti Ducati Traction Control (DTC) dan Ducati Wheelie Control (DWC).

Ducati Superbike 1299 Panigale S dilengkapi dengan Inertial Measurement Unit (IMU) produk Bosch untuk membuat intervensi elektronik pengendaraan lebih baik. Katakan saja dengan slide control, yang memungkinkan pengendara bisa mengatur seberapa besar slip roda belakang, seperti jika pengendara memilih DTC level 1, maka sepeda motor akan drifting pada roda belakangnya saat menikung.

Ducati_Superbike_1299_Panigale_90_th

Sebab, sistem traksi kini bisa mengontrol throttle body juga agar seberapa besar modulasi tenaga yang dihasilkan lebih presisi, selain mengatur besaran percikan busi. Sehingga Ducati 1299 Panigale S Anniversario akan menjadi sepeda motor pertama yang dilengkapi sistem kontrol traksi menyeluruh tersebut.

Soal penampilan tentu saja premium dengan dengan pelek alloy Machesini yang dilabur warna emas, knalpot titanium produk Akrapovic, serta emblem yang digravir secara laser. Komponen lainnya dibuat secara bubut seperti pada top triple clamp dan steering head atau komstir, yang lebih maju 5 mm, ini membuat geometri Panigale S Anniversario sama dengan Panigale R.

Beberapa komponen lainnya menggunakan serat karbon seperti pada pelindung tumit dan flap belakang serta cover shockabsorber. Penggunaan bahan tersebut membuatnya seoeda motor lebih ringan 2,5 kg dibandingkan model standarnya. Ducati pun telah menggunakan baterai lithium-ion untuk penyimpanan listriknya.

 Ducati 1299 Panigale S Anniversario dipasarkan dengan harga Rp 379 jutaan di Italia.(Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here