Daftar Pembalap MotoGP dengan Satu Kemenangan dalam Kariernya

0
daftar pembalap MotoGP
Tohru_Ukawa_motoGP_2002
Tohru Ukawa, salah satu pembalap MotoGP Jepang yang bersinar di 2002 dengan satu kemenangan di MotoGP. Foto: Crash Media

Jakarta (naikmotor) – Kombinasi skill pembalap, strategi, performa motor, dan keberuntungan menjadi faktor penentu kemenangan di ajang balap, seperti MotoGP, karena itu kemenangan menjadi sangat mahal untuk didapatkan.

Sejak format balapan MotoGP dibuat pada tahun 2002, hanya ada lima sosok yang mampu menjadi juara dunia, yakni Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez. Di sisi lain, terdapat beberapa pembalap yang hanya mampu meraih satu kali kemenangan semasa berlaga di MotoGP.

Kehadiran pembalap-pembalap tersebut, layaknya gerhana matahari yang datang di waktu-waktu tertentu saja. Kemenangan bagai oase dalam karir mereka di MotoGP, sekaligus membuat sejarah. Bukan hanya itu, momen kemenangan langka tersebut juga menjadi sajian menarik buat penyimak MotoGP.

Kemenangan Tohru Ukawa di MotoGP Afrika Selatan 2002, merupakan kemenangan berharga untuk dia, dan suatu kebanggan sebagai pembalap Jepang yang mampu menorehkan kemenangan di kelas primer balap motor dunia. Saat itu Ukawa merupakan rekan setim Rossi di Honda.

MotoGP Afrika Selatan merupakan seri kedua di tahun 2002, setelah balapan pembuka berlangsung di Jepang. Saat itu. Ukawa gagal menggeber Honda RC211V tunggangannya sampai garis finis di kampung halaman sendiri. Di seri kedua, pembalap kelahiran 18 mei 1973 itu unjuk gigi, bertarung sengit dengan Rossi, sampai lap terakhir dan mampu raih kemenangan pertama dan terakhir di MotoGP, setelah akhirya ia pensiun tahun 2005.

daftar pembalap MotoGP
Toni Elias

Sirkuit Estoril, Portugal, menjadi saksi bisu rekor kemenangan pertama pembalap dari tim non-pabrikan di MotoGP, tahun 2006 lalu. Adalah Toni Ellias yang mampu mengalahkan dominasi Nicky Hayden yang di musim tersebut menjadi juara dunia.

Elias yang saat itu berseragam tim satelit Honda Gresini, start dari posisi 11 perlahan membawa Honda RC211V miliknya masuk ke baris depan. Di lap terakhir, pria kelahiran Spanyol itu menusuk Kenny Roberts Jr. Yang sedang memimpin balapan, diikuti Rossi yang naik ke posisi dua. Beberapa tikungan jelang balapan berakhir Rossi mampu menyodok ke depan.

Namun, kemenangan yang tinggal dirayakan terlepas dari genggaman The Doctor, ketika Elias mampu menyalip di detik terakhir dan menang dengan selisih waktu, hanya 0,002 detik. Kejadian tersebut mirip seperti saat Lorenzo memenangkan balapan MotoGP Italia 2016, di Sirkuit Mugello, dengan keunggulan 0,019 detik dari Marquez.

daftar pembalap MotoGP
Troy Bayliss

Setelah kemenangan sensasional Elias di Estoril, Troy Bayliss juga membukukan kemenangan satu-satunya dalam karirnya di MotoGP saat mampu menaklukan Loris Capirossi dan Nicky Hayden di Sirkuit Valencia, Spanyol, yang merupakan seri terakhir MotoGP 2006.  Saat itu Bayliss sebenarnya hanya menjadi pembalap pengganti tim Ducati, bagi Sete Gibernau yang mengalami cedera, di tahun tersebut ia menjadi juara dunia World Superbike juga bersama pabrikan asal Italia tersebut.

Balapan basah di Sirkuit Le Mans, Prancis tahun 2007 dimanfaatkan oleh Chris Vermeulen yang sedang menjalani musim keduanya bersama tim Rizla Suzuki MotoGP, untuk menunjukan kemampuannya berpacu di atas lintasan yang licin. Vermeulen yang memulai balapan dari posisi 12, tampil galak setelah mengganti motor untuk balapan basah.

daftar pembalap MotoGP
Chris Vermuelen

Suzuki GSX-V yang ditunggangi pria asal Australia itu melewati garis finis dengan keunggulan waktu 12,5 detik dari Marco Melandri, dan Stoner yang menempati podium dua dan tiga. Vermeulen yang saat ini berusia 34 tahun, tampil di MotoGP sampai tahun 2012 silam.

Di musim pertama bersama tim pabrikan Yamaha MotoGP, berpartner dengan Lorenzo, Ben Spies tampil cukup baik, namun ia harus kehilangan poin di tiga seri akibat cedera. Salah satu momen terbaik pembalap Amerika itu di musim pertamanya, yakni saat ia memenangkan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen.

Mengalawi balapan dari posisi kedua, Spies tampil konsisten sepanjang balapan. Setelah mendiang Marco Simoncelli terlibat insiden dengan Lorenzo, Spies memimpin balapan dan akhirnya finis terdepan, unggul dari Stoner dan Andrea Dovizioso. Juara dunia World Superbike 2009 itu berhenti dari MotoGP pada tahun 2013, dan kabarnya saat ini ia mendapat tawaran untuk menjadi Test Rider Yamaha. (yudistira/nm)

daftar pembalap MotoGP
Ben Spies

LEAVE A REPLY

*