Naik Zero, Alain Compost Jelajah Alam dalam 40 Wild Years in Indonesia

0
Alain Compost
Alain_Compost
Alain Compost akan jelajahi alam Indonesia dengan geber Zero Motorcycles DS. Foto: Arif

NaikMotor – Dalam rangka memperingati 40 tahun tinggal dan bekerja di Indonesia, Alain Compost didukung oleh National Geographic, akan melaksanakan perjalanan solo riding menggunakan motor listrik Zero DS dalam kaitannya dengan observasi alam dan satwa melalui 40 Wild Years in Indonesia.

Perjalanan yang diprediksi akan menempuh jarak 6.000 km diawali dari Sumatera sampai Papua Barat. Acara pelepasannya dilaksanakan di flagship showroom Zero Motorcycles berlokasi di Jl. Kemang Utara Raya No. 28 dan dihadiri tim Zero Motorcycles Indonesia dan istri Alain, Jumat (29/7/2016).

Perjalanan Alain didukung oleh  PT Garansindo Technologies, selakuAgen Pemegang Merek (APM) Zero Motorcycles di Indonesia dalam menunjukan keseriusan dan supportnya terhadap pengembangan “Green Technology”

Perjalanan fotografer dan pembuat film dokumenter asal Perancis berusia 64 tahun tersebut akan didokumentasikan dan diterbitkan dalam bentukan buku-buku, film, dan bahan media lain berjudul “40 Wild Years in Indonesia.”

“Kenapa saya mengawali start dari Medan, karena pertama kali saya ke Indonesia tahun 1975 mengambil foto Orang Utan di Gunung Leuser. Makanya tepat 40 tahun ini sekaligus napak tilas perjalanan saya di Indonesia,” tukas pria yang fasih berbahasa Indonesia.

Dalam perjalanannya selama berkeliling alam Indonesia berkali-kali Alain menemukan jerat yang digunakan untuk berburu, sehingga segala jenis hewan tertangkap oleh jerat termasuk binatang langka yang terancam punah. Pembakaran illegal hutan dimana pohon-pohon dibabat habis tanpa ada penanaman ulang.

Kesedihan Alain tidak bisa dihindari ketika melihat hutan rusak dan kosong. Tidak ada kehidupan liar lagi dan hutan mulai habis, berubah menjadiperkebunan sawit dan lahan lain. Berangkat dari kecintaannya terhadap alam Indonesia dan kekhawatirannya bahwa generasi mendatang tidak akan sempat merasakan keindahan alam yang ia nikmati, serta memperingati genap 40 tahun tinggal dan berkarya diIndonesia, Alain akan melakukan napak tilas keliling Indonesia ketempat yang pernah ia kunjungi sebelumnya dengan menggunakan Zero Motorcycle, motor bertenaga listrik – guna merintis penggunaan suatu alat transportasi yang ramah lingkungan danberpotensi untuk di kembangkan di masa depan.

“Sepanjang perjalanan ini, saya meminta dukungan dari Pemerintah Daerah di setiap provinsi dan kabupaten untuk kebutuhan perjalanan. Seperti izin pengambilan gambar dan video, tempat tinggal serta untuk melakukan pengisian ulang battery Zero Motorcycles yang digunakan,” jelas Alain.

“Saya akan singgah ke rumah-rumah penduduk untuk memutar film mengenai pentingnya konservasi alam dan bekerjasama dengan LSM di kota-kota yang dilewati untuk membantu perjalanan saya. Salah satu tempat tujuan saya nanti yakni ke Pulau Halmahera di Ambon ,” tukas Alain.

Untuk perjalanan keliling Indonesia Alain Compost ini, Garansindo akan memberikan dukungan dengan menurunkan flying mechanic yang akan diterbangkan ke lokasi beserta dengan spare-part yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan ataupun perbaikan terhadap Zero Motorcycles DS yang digunakan Alain.

“Kami berharap Alain bisa menjadi salah satu inspirasi masyarakatIndonesia, khususnya kaum muda, untuk meningkatkan awarenessterhadap lingkungan sekitar dan alam melalui “green technology”.Kami mengucapkan selamat kepada Alain dalam perjalanannya,” ujar Dhani Yahya, Managing Director PT Garansindo Technologies. (Arif/nm)

Alain Compost

LEAVE A REPLY