Ini Keunggulan Furukawa Battery yang Berumur Lebih dari Satu Abad

0
Furukawa Battery
Furukawa Battery
Furukawa Battery produk baterai kendaraan asal Jepang yang sudah berumur satu abad lebih. Foto: Arif

NaikMotor- Nama Furukawa Battery mungkin baru dikenal di kalangan tertentu. Namun ternyata produk dari Jepang ini sudah berumur lebih dari satu abad. Furukawa Battery di Indonesia diageni PT Furukawa Indomobil Battery Sales.

Furukawa Baterry (FB) berdiri pada 1941 di Kota Amagasaki, Hyoko yang memproduksi baterai untuk otomotif, pesawat udara, kereta api, satelit luar angkasa, power supply system dan sebagainya. FB masuk ke Indonesia pada 2013 serta sudah memiliki pabrik di kawasan industri Kota Bukit Indah Purwakarta pada 2015.

“Saat ini di seluruh Indonesia, PT. Furukawa Indomobil Battery Sales sudah memiliki 22 jaringan distribusi di kota-kota besar, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali,” ujar Andy Surya Winarto, dari divisi OEM  PT. Furukawa Indomobil Battery Sales.

Beberapa keunggulan dari Furukawa Battery adalah  menggunakan bahan baku yang terbaik untuk pembuatan battery. “Mulai dari kemurnian timah sampai kadar besi yang kecil dalam asam sulfatnya. Bahan baku timah yang digunakan  mencapai 99,999% kemurniannya yang diimpor langsung dari Jepang,” ujar Andy.

Keunggulan kedua adalah, menggunakan anti explode technology. Jika terjadi korsleting atau ada percikan api, tidak akan membuat aki meledak. Ini memberikan keamanan dari ledakan. Bayangkan jika terjadi ledakan dan mengenai bagian tubuh atau permukaan cat kendaraan.

Furukawa Battery dirancang anti meledak lantaran tutup akinya yang dirancang khusus. “Ini juga membuat tidak terjadi kebocoran air aki walaupun dalam posisi miring dan konsumsi air aki rendah,”

Sementara kelebihan ketiga adalah penggunaan separator yang tipis dan berpori, untuk meningkatkan performa battery. Yang dimaksud separator yaitu pemisah diantara sel-sel aki. Di tengahnya dipasang pemisah agar performa aki stabil dan mudah starter ketika pertama kali mesin dihidupkan.

Dan keempat, menggunakan konstruksi tebal pelat dan tebal partisi telah disesuaikan dengan teknologi Furukawa Battery, sehingga lebih tahan terhadap getaran. Ini sangat penting karena motor sangat dipengaruhi getaran atau guncangan dari jalanan yang bergelombang.

Selain bertindak sebagai sponsors event The 21th Asia Cross Country Rally (juga dikenal sebagai AXCR atau Asian Rally) di Thailand-Kamboja 13-22 Agustus 2016, Furukawa Battery juga mempunyai tim Rally Motor dari Iwaki, Fukushima Perfecture tempat berpusatnya produksi Furukawa Battery.

Tidak hanya tim dari Jepang, namun melalui dukungan Furukawa Indomobil Battery Sales sebagai distributor resmi di Indonesia juga ikut mengirim dua rider yang akan bertarung di kejuaraan tersebut yakni Rudy Poa dan Kadek Ramayadi. (Arif/nm)

Furukawa Battery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here