Suzuki Sedang Kembangkan Seamless Transmission

0

Seamless-Suzuki-3

Sepang (naikmotor) Kesuksesan Honda, Yamaha bahkan Ducati membuat motor mereka sangat buas saat berakselerasi dan deselerasi, membuat tim Suzuki Racing di MotoGP tak ingin ketinggalan dalam hal ini. Yaitu mereka mulai mengembangkan teknologi transmisi tanpa jeda alias seamless transmission.

Memang tidak akan mudah mengejar ketertinggalan, namun jika Suzuki tak melakukannya sekarang, maka kemungkinan tertinggal lebih jauh lagi, sangat mungkin terjadi. Meski masih sangat rahasia, namun Maverick Vinales memberikan bocoran ringan tentang pengembangan bagian tersebut.

“Yap, Suzuki memang sedang melakukan pengembangan teknologi transmisi tanpa jeda,” ucap Vinales singkat.

Teknologi transmisi tanpa jeda ini, pertamakali dikembangkan oleh Honda Racing Corporation (HRC) sejak tahun 2010. Hingga akhirnya mereka berhasil menunjukkan bahwa komponen itu memang sangat berguna bagi pembalapnya saat berakselerasi maupun deselerasi.

Belakangan Ducati dan Yamaha juga ikut mengembangkan komponen untuk memperlancar proses perpindahan gigi tanpa ada lagging dan mengorbankan putaran mesin yang sudah terlanjur tinggi. Sehingga perpindahan gigi ke gigi yang lebih kecil atau yang lebih besar, tak terasa lagging pada mesin.

Sekarang tinggal menunggu kapan kepastian penggunaan teknologi tersebut pada GSX-RR tunggangan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Semoga saja masih tahun ini. (Spy/NM) Foto: Suzuki Racing

Seamless-Suzuki-2

LEAVE A REPLY