Honda Temukan Jurus Menikung Cepat, Hati-Hati Yamaha!

0
124

Marquez-Sepang2-Day2-1

Spanyol (naikmotor) – Sejak jaman Valentino Rossi hengkang ke tim Yamaha MotoGP Racing tahun 2004 silam, Ia tak pernah mementingkan top speed. Hanya satu hal yang diinginkan oleh Rossi, ia ingin motor Yamaha YZR-M1 miliknya tampil cepat di tikungan.

Namun improvisasi yang dilakukan oleh Honda pada sektor stabilitas motor saat pengereman, justru lebih ampuh di era MotoGP modern beberapa tahun belakangan. Apalagi eksplorasi ban saat ini sangat tinggi.

Analoginya, jika Yamaha kuat memanfaatkan tapak samping ban saat menikung, Honda justru kuat memaksimalkan tapak tengah ban untuk deselerasi dan akselerasi.

Dan hasilnya, Honda sukses beberapa tahun belakangan ini mendominasi kemenangan. Bahkan dengan Marc Marquez yang membawa pakem baru berkendara pun, langsung membawa dua titel juara dunia bagi tim berlogo sayap mengepak itu.

Nah, di sesi tes resmi pra musim MotoGP di Sepang, Malaysia untuk kedua kalinya pekan lalu, ternyata Honda kembali mewujudkan impiannya untuk mendapatkan performa yang menjadi kelemahan mereka selama ini yaitu bisa tampil cepat saat menikung.

Dan ternyata itu sukses dilakukan oleh tim Repsol Honda. Menurut Marquez, permintaannya sudah terpenuhi untuk mendapatkan corner speed yang terbaik.

Bukan hanya di zona akselerasi, namun di tipe tikungan rolling speed pun ia mampu tampil mendekati sempurna. “Tim berhasil memperbaiki performa motor saat masuk ke tikungan bahkan traksi ban saat berada di tikungan-tikugan panjang. Ini adalah permintaan utamaku ke Honda dan mereka sukses membawakan kami hal itu,” puji Marquez.

Tidak berbeda dengan Marquez, Dani Pedrosa pun merasakan hal yang sama. Hanya saja mereka belum bisa menilai sekompetitif apa motor mereka tahun ini dibandingkan tim lain. Lantaran Yamaha juga sedang bekerja keras untuk membuat performa motor mereka di zona pengereman dan akselerasi lebih baik.

“Kita harus melihat buktinya hingga 2-3 seri ke depan, untuk melihat sekompetitif apa paket motor kami saat balapan nantinya,” pungkas Marquez. Jadi Yamaha harus hati-hati kalau memang Honda temukan jurus menikung cepat. (Spy/NM) Foto: MotoGP

LEAVE A REPLY

*