Pemerintah India Perkenalkan Aplikasi SIM dan Dokumen Digital

0
Aplikasi SIM
Aplikasi SIM
Pemerintah India mengembangkan Aplikasi SIM dan ndokumen digital. Foto: Rushlane

NaikMotor – Era modern masa kini dengan teknologi digital menjadi cara untuk memudahkan segala kebutuhan. Demikian pula dengan penyimpanan dokumen, juga dimungkinkan penyimpanan secara digital serta tersedianya aplikasi SIM.

Pemerintah India maju selangkah dalam digitalisasi dokumen-dokumen sipil masyarakatnya. Negeri Hindustan itu meluncurkan DigiLocker, sebuah aplikasi selular pintar yang bisa menyimpan data dokumen penting masyarakat yang dikeluarkan pemerintah, seperti Aadhar Card (KTP), PAN Card (NPWP), driving license (SIM), vehicle RCĀ  (STNK) dan sebagainya.

Meski baru tersedia untuk selular bersistem operasi Android, tetapi dengan aplikasi tersebut, masyarakat India tak perlu membawa banyak berbagai kartu identitas seperti disebutkan di atas. Termasuk saat berkendara dan ada pemeriksaan polisi, cukup menunjukkan HP beraplikasi tersebut yang menampilkan SIM dan STNK yang dimiliki.

Sama halnya dengan kegiatan atau transaksi yang memerlukan dpidentitas resmi lainnya. Seperti membuka rekening di bank, bertransaksi yang bernilai pajak dan sebagainya.

DigiLocker baru saja diluncurkan secara resmi oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, sebagai upaya menuju Digital India, Rabu (7/9/2016) di New Delhi, India.

Aplikasi dengan Data yang disimpan secara cloud itu mudah digunakan, dan bisa didownload dari PlayStore. Setelah diinstal pengguna tinggal melakukan link ke dokumen yang diterbitkan pemerintah setempat di cloud. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY