Adik Marc Marquez Jajal Mesin Baru RC213V, Isyarat Merapat Ke Honda

2
Adik Marc Marquez Jajal Mesin Baru RC213V, Isyarat Merapat Ke Honda
Alex Marquez menjajal Honda RC213V pada tes privat Honda di SIrkit Misano (12/9/2016). Foto: Speedweek

NaikMotor – Tes privat yang dilakukan Repsol Honda di Sirkuit Misano, San Marino, sehari setelah MotoGP Misano (12-13/9/2016), menyisakan teka-teki. Hal lain yang menimbulkan penasaran selain rahasia mesin terbaru untuk musim 2017, adalah soal adik kandung Marc Marquez, Aleix Marquez yang ternyata sempat menjajal ketangguhan  RC213V.

Honda sejatinya menggelar tes selama dua hari di Misano. Tapi, hujan deras yang mengguyur lintasan, membuat tes Hari Senin (hari pertama) harus dibatalkan.

Marquez dan Dani Pedrosa akhirnya melakukan rangkaian tes di Hari Selasa, yang kabarnya untuk menguji performa RC213V terbaru. Tidak ada keterangan mendalam soal mesin tersebut.

Meski tes hari pertama tidak dilaksanakan, ternyata saat itu Alex Marquez kedapatan dipercaya untuk menggeber motor andalan Honda. Hal itu sontak memunculkan spekulasi.

Pertanyaan terbesarnya, apakah Honda mulai melirik Alex untuk bertandem dengan sang kakak di masa depan?

Jika melihat dari statistik, Alex memang bukan pembalap kacangan. Ia merupakan juara dunia Moto3 2014, tahun yang sama saat Marc Marquez merengkuh juara dunia MotoGP untuk kali kedua. Namun, saat naik kelas ke Moto2, performanya bersama tim Estrella Galicia Marc VDS terbilang melempem. Musim lalu ia berada di posisi 14 klasemen akhir. Pada kompetisi tahun ini, ia hanya bisa mengumpulkan 40 poin dari 13 seri yang sudah berlangsung.

Teka-teki coba dijawab tim Marc VDS, untuk menghentikan spekulasi tentang pembalap mereka.

“Sebenarnya itu bukan tes. Hujan deras turun mulai dari hari Minggu sampai Senin, kondisi lintasan menjadi tidak bagus. Mereka (tim Honda) berpikir komponen motor tidak dapat bekerja optimal dengan mesin baru pada tes Hari Selasa jika memulai semua dari awal. Itulah mengapan mereka meminta Alex mencoba motor Honda dalam enam putaran, melakukan lap simulasi. Alex menunggangi motor Pedrosa dan kakaknya, Marc, hanya untuk meyakinkan bahwa motor akan bekerja dengan baik di hari berikutnya (Selasa) sejak awal (tes),” terang Kepala Tim Marc VDS, Michael Bartholemy.

Meski hubungan Alex dan Repsol Honda masih disangkal, tidak menutup kemungkinan pembalap berusia 20 tahun itu akan merapat ke salah satu tim terkuat di MotoGP itu. Bisa saja duo Marquez menjadi line up Honda di masa depan. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY