Bukti Suzuki GSX Bakal Dijejali Supercharger

1
Suzuki GSX Supercharger
Gambar sketsa dari patent Suzuki GSX-R750 dengan turbocharger. Foto: Morebike

NaikMotor – Suzuki mengajukan sketsa dua model dengan supercharger, GSX-R750 dan GSX-R1000. Sketsa paten Suzuki GSX supercharger telah memasuki fase berikutnya setelah diterapkan pada Recursion 600cc dan Hayabusa 1400. Tetapi pada model GSX-R inilah supercharger tampil secara resmi.

Pada sketsa tampak poin 532 diidentifikasi sebagai supercharger, dan tabung intake sebagai poin 52. Pada pandangan sisi GSX-R750 tampak intake baru pada hidung fairing untuk memungkinkan volume udara masif yang dibutuhkan disalurkan ke dalam ruang kompresor. Bisa dipahami jika GSX-R750 mendapatkan perangkat induksi paksa udara itu, selain sejarah motorsport yang lama, para kompetitor pun tampaknya berupaya serupa pada model sportbike menengah mereka.

Sementara GSX-R1000 yang pada awalnya diperkirakan akan berdesain seperti Hayabusa yang mulus, tetapi ternyata masih dengan garis desain lama. Hanya saja kini dengan dua muffler knalpot, yang diletakkan di sisi kiri dan kanannya,seperti pada model 2007-2012.

Pada detail sketsa dijelaskan poin 541 adalah turbin supercharger dan 542 intake. Ini pertama kalinya hal seperti ini muncul untuk sportbike utama Suzuki dan itu konfirmasi yang jelas bahwa rentang GSX-R setidaknya mendapatkan sistem supercharger. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY