Ducati Masih Uring-Uringan Perihal Larangan Winglet

2
Larangan Winglet
Mulai musim balap MotoGP 2017 penggunaan winglet dilarang. Foto: Speedweek

NaikMotor – Ducati telah menggunakan sayap tambahan mulai musim balap MotoGP 2015. Terbukti sayap tambahan atau yang akrab disapa dengan winglet tersebut mampu membuat Ducati Desmosedici GP16 menjadi lebih beringas di lintasan.

Itu membuat banyak tim meniru winglet yang dimiliki oleh Ducati. Honda, Yamaha, dan Suzuki menjadi tiga tim yang berusaha dengan keras untuk memanfaatkan winglet terlebih lagi dengan tak stabilnya ban depan Michelin musim ini.

Namun sayang, pada MotoGP 2016, terdapat beberapa kecelakaan yang nyaris mengancam keselamatan para pembalap karena nyaris bersenggolan dengan winglet. Hal itu membuat MotoGP memutuskan larangan winglet musim mendatang.

Ducati menjadi sosok yang paling dirugikan dengan keputusan ini. Giggi Dall’Igna menyatakan bahwa sebenarnya winglet sama sekali tak berbahaya untuk keselamatan. Ia menilai keselamatan hanya dijadikan isu untuk melarang penggunaan winglet.

“Ducati tentu saja sangat kecewa dengan keputusan baru yang melarang winglet. Kami telah menggunakan itu sejak 2014 setidaknya sudah nyaris dua tahun kami menggunakan winglet,” ujar Dall’Igna selaku General Manager Ducati Course seperti dilansir Speedweek.

“Tak ada indikiasi yang jelas bahwa winglet bisa menjadi sangat berbahaya untuk para pembalap. Bahaya yang tak nyata ini telah digunakan untuk melarang penggunaan winglet. Para tim kompetitor hanya berusaha untuk melemahkan Ducati,” tandasnya. (Wl/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*