Kawahara Racing Tawarkan Porting CNC untuk Honda Sonic

0
kawahara racing
Kawahara Racing menawarkan porting CNC untuk Honda Sonic

NaikMotor – Kawahara Racing terus melakukan inovasi untuk menghasilkan produk-produknya dengan serangkaian pengujian yang mereka lakukan termasuk di balapan.

Salah satu yang kini tengah dikembangkan Kawahara adalah melayani porting dan polish dengan alat CNC. Kawahara telah mendatangkan alat dari Amerika Serikat sejak setahun lalu, namun baru bisa dioperasikan beberapa bulan belakangan

“Kita pelajari dulu, lakukan trial and error, selama 6 bulan lebih. Sehingga setelah benar-benar kita kuasai baru buka layanan, dan juga produksi part performa racikan kita sendiri,” ujar Jessy Siswanto yang akrab dipanggil Coq, pemilik Kawahara Racing.

“Sebelumnya kita membuka layanan porting dan polish untuk produk Honda Sonic, dan Yamaha R15. Sekarang kita tawarkan porting CNC Honda Sonic atau GTR15,” lanjut pria yang dulu akrab dengan part racing untuk balapan skutik.

“Porting CNC ini konsepnya berbeda, saluran intake pada cylinder head kita perbesar. Agar pasokan udara dan campuran bahan bakar optimal, tenaga yang dihasilkan lebih besar. Biasanya, kita tawarkan polishing yaitu memperhalus dinding saluran intake yang sudah diperbesar tadi, dengan tujuan agar pasokan udara-bensin lancar,” sebut Coq di sela-sela acara Burtor 2016 Senayan.

Ditambahkannya, berdasarkan pengalaman mekanik di Amerika Serikat, polishing memiliki kelemahan antara lain campuran-bensin cenderung basah (kaya). “ Nah, pada porting CNC Kawahara, saluran intake kita buat berkontur model waffle. Tujuannya agar molekul bensin lebih teratomisasi karena berbenturan pada kontur waffle tadi, hasilnya pembakaran akan lebih menyeluruh. Atau lebih efisien,” jelasnya.

Untuk porting CNC cylinder head Honda Sonic, Kawahara mengutip biaya Rp 1 juta, jika bahan konsumen yang membawa sendiri. Jika membeli utuh lengkap dengan camshaft dan katup dari Kawahara, siapkan dana Rp 4 juta. (Afid/nm)

porting_kawahara_1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here