Kilas Balik Perseteruan Pembalap di MotoGP Motegi Jepang

0
68
MotoGP Motegi Jepang
Persaingan Rossi dan Lorenzo dipastikan berlanjut di MotoGP Motegi 2016. Foto: Yamaha

NaikMotor – Putaran MotoGP 2016 akan memasuki Asia Pasifik berturut-turut dalam tiga minggu ke depan, dan putaran ke-15 MotoGP Motegi Jepang menjadi seri pembukanya pada 16 Oktober 2016.

Namun hasilnya diperkirakan tak akan membuat putaran final di Valencia Nopember mendatang sedramatis musim tahun 2015. Pasalnya, Tim Yamaha tak juga memperoleh poin memuaskan sejak kemenangan Valentino Rossi atas Marc Marquez pada putaran di Catalunya, Juni 2016 lalu. Tak ada lagi pertanyaan, siapa yang akan menang Yamaha atau Honda yang kalah?

Sementara petinggi Yamaha hanya menanggapi santai seperti tak ada masalah itu, “Terkadang bisa terjadi dalam satu masa.” Padahal Rossi harus berjuang keras, apalagi masa pensiunnya sudah di depan mata. Sementara Jorge Lorenzo, sejak seri di Mugello, hanya mengumpulkan 67 poin saja, dan sejak Catalunya hampir selalu di bawah top ten.

Perhelatan di Motegi banyak memilik catatan unik, pada 2013, setelah dilanda badai dan gempa bumi, Jorge Lorenzo menjadi pemenangnya, diikuti Marc Marquez, dan Dani Pedrosa. Pembalap lainnya menyusul dengan perbedaan 5 detik dari para pembalap Spanyol itu. Valentino Rossi hanya berada di posisi ke-6 di belakang Alvaro Bautista dan Stefan Bradl.

Ada peristiwa yang tak terlupakan ketika Michael Laverty harus mendorong sepeda motornya di trek lurus menuju garis finis ketika kehabisan bahan bakar di lap terakhir itu.

Pada 2014, Jorge Lorenzo menjadi pemenang, menyusul duel menegangkan dengan Marquez, Rossi dan Pedrosa. Sehingga selisih pemenang pertama hingga ke-4 hanya 3,1 detik.

Andrea Dovizioso pole position saat itu. Marquez memimpin klasemen, kemenangan Jorge di Motegi tak mempengaruhi posisinya hingga final musim 2014 sebagai juara Dunia keempat kakinya. Dalam putaran ke-5 terjadi kontak antara Marc dan Jorge, yang cukup mempengaruhi hubungan keduanya.

Pada 2015, balapan dimulai dengan genangan air yang harus dikeringkan dengan pemompaan. Jorge memang memulainya dengan pole position, tetapi menyusut ke posisi ketiga di akhir balapan, akibat masalah ban. Podium akhirnya disandang Dani Pedrosa, yang untuk pertama kalinya menapak juara sejak perhelatan di Ceko  pada 2014.

Rossi mencatatkan podium ke-18 kalinya dengan finis kedua di depan Lorenzo, meski kemudian di final kehilangan peluangnya menjadi juara dunia. Marquez masih berkutat ke posisi keempat, berebut keras melawan Dovizioso.

Di Motegi pada musim 2016 ini, beberapa pembalap diperkirakan akan kembali bertarung setelah terlepas dari cedera. Bradley Smith (Tech 3 Yamaha), Andrea Iannone (Factory Ducati), dan Jack Miller (Marc VDS Honda) akan kembali bertarung setelah pulih dari cedera. Artinya, Alex Lowes, Michelle Pirro, dan Nicky Hayden akan kembali ke ‘bangku pemain cadangan’.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*