Rossi: Balapan 3 Pekan Beruntun itu Ide Buruk!

0
balapan 3 pekan
Rossi menganggap balapan tiga seri beruntun merupakan ide buruk. Foto: Yamaha

NaikMotor – Valentino Rossi selalu menjadi pamong dalam beberapa hal teknis, terutama tentang safety hingga beberapa hal kecil lainnya. Tapi di sesi jumpa pers menjelang MotoGP Motegi, Jepang hari Kamis (13/10/2016), Ia mulai lempar wacana baru,  tentang balapan 3 pekan beruntun yang menurutnya merupakan ide buruk.

Ia menilai bahwa, bahwa ketika seorang pembalap butuh untuk tampil maksimal di setiap seri tersebut, maka Ia harus terhantui oleh seri lainnya. Sehingga lebih menjaga kondisi dan vitalitas tubuh.

“Tiga balapan dalam 3 pekan itu akan selalu jadi masalah. Saya rasa ini bukanlah jalan terbaik. Bisa saja Anda mengalami masalah di seri pertama dan harus membayarnya di seri kedua dengan tidak tampil maksimal atau malah absen. Jujur saja, saya tidak suka balapan yang terkesan terburu-buru penyelenggaraannya ini. Apalagi juga akan membuat kita semua jadi sangat stres dan capek,” klaim Rossi.

Berbeda dengan Rossi, Jorge Lorenzo yang merupakan rekan setimnya dan Marc Marquez malah mengambil sisi positifnya saja. Mereka melihat bahwa tiga balapan dalam 3 pekan ini, juga banyak sisi positifnya.

“Memang ini bakal menyulitkan. Tapi secara personal saya suka, karena saya bisa berlama-lama di atas motor. Di sisi lain, ketika ada balapan dalam tiga pekan, maka otot Anda bakal semakin kuat dan terbiasa,” kisah Lorenzo.

Sedangkan bagi sosok calon juara dunia MotoGP 2016 dengan keunggulan poin sementara yaitu 52 poin, lebih melihat dari sisi menjaga vitalitas. Tidak boleh ada kesalahan yang membuat seorang pembalap harus mengalami nasib kurang beruntung di seri berikutnya.

“Penting untuk menyelesaikan balapan di 3 balapan langsung ini. Tapi imbasnya, kita tidak akan gila-gilaan di sesi latihan, dan cenderung melakukan kontrol pada motor. Ini adalah konsekuensi,” pungkasnya. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY