Sidrap MPM Honda Trijaya Siap Ganggu Dominasi Yamaha di IRS Seri 4

0
Sidrap MPM Honda Trijaya
Dua pembalap Honda Trijaya Ahwin Sanjaya (198) dan Anggi Permana (158) saat sesi kualifikasi IRS seri 4. Foto: Istimewa

NaikMotor – Tim Sidrap MPM Honda KYT Nissin IRC Trijaya berhasil mengganggu dominasi Yamaha dalam kualifikasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sport 150c Indospeed Race Series (IRS) 2016 seri 4, lewat pembalapnya Awhin Sanjaya.

Pembalap berusia 18 tahun itu menjadi satu-satunya pembalap Honda yang masuk urutan 10 besar, bahkan ia bisa menduduki posisi start ketiga.

Pada seri sebelumnya, Honda CB150R tunggangan Awhin sukses melewati garis finis sebagai runner up. Saat ini, tim masih melakukan pengembangan terhadap motor tersebut.

“Di sesi kualifikasi tadi masalahnya hanya power putaran bawah mesin yang kurang galak. Saat keluar tikungan beberapa kali mesin tekor, itu yang sedang diperbaiki oleh tim mekanik,” terang Awhin.

Untuk menanggulangi kekurangan tersebut, tim mekanik Sidrap MPM Honda Trijaya yang dikepalai Haris Sakti atau akrab disapa Mlethis kembali melakukan mapping ECU. Hal itu juga dilakukan untuk menyesuaikan dengan penggunaan bahan bakar Pertamax Turbo yang memiliki oktan lebih tinggi ketimbang Pertamax Plus, yakni 98.

“Untuk motor CB150R memang aslinya putaran atas sudah bagus , jadi kami fokus memperbaiki putaran bawah. Untuk besok, hanya setup dan mapping ECU saja, tidak ganti komponen apapun,” jelas Mlethis.

Dalam balapan nanti, Awhin akan menempel pembalap di baris depan, untuk mencari keuntungan slipstreaming di trek lurus.

“Nanti saya akan coba ikut rombongan depan, sebisa mungkin terus dekat agar bisa curi angin dan menyusul mereka,” beber pembalap asal Sulawesi Selatan. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here