Proyek KTM jadi Ancaman, Aprilia harus Lebih Unggul

1
Aprilia
Sam Lowes dengan motor Aprilia untuk MotoGP 2017. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Aprilia sudah secara resmi dua musim ini fokus di balap MotoGP dengan turun sebagai tim pabrikan atau manufaktur. Namun hasilnya, sepertinya masih belum terlihat. Baik Stefan Bradl atau pun Alvaro Bautista yang saat ini memperkuat tim tersebut, belum mampu berbuat banyak untuk meraih hasil kompetitif.

Padahal jika ditilik dari prestasi para pembalapnya, keduanya bukanlah pembalap kacangan. Artinya ini bisa diasumsikan bahwa mereka belum benar-benar menemukan formulasi terbaik untuk meracik RS-GP yang mampu tampil kompetitif.

Dari sisi lain, ambisi KTM untuk masuk ke MotoGP tahun dengan dengan target finish di 10 besar setiap serinya, menjadi ancaman besar bagi manufaktur yang berasal dari Noale, Italia itu. Padahal dari sisi tim, mereka dijalankan oleh tim balap yang juga bukan ecek-ecek yaitu Gresini Racing MotoGP.

“Saya rasa motor ini berada dalam level terbaiknya sekarang. Tapi tahun depan akan ada 23 motor yang bakal berlaga di lintasan. Jadi target paling realistis adalah selalu berupaya berada di zona 15 besar saat mengawali balapan. Tujuannya agar kami bisa menekan lebih jauh ke posisi finish 10 besar saat balapan berlangsung,” kata Sam Lowes yang tahun depan bakal jadi pembalap utama di tim ini.

Pembalap yang tahun ini didukung penuh oleh Federal Oil di kelas Moto2 itu, juga tak memungkiri bahwa saat tes resmi di Austria beberapa waktu lalu, Ia juga cukup kaget dengan hasil tes yang diraih KTM. Padahal mereka baru mengembangkan motornya belum cukup setahun.

“Mereka benar-benar memberikan kejutan pada semua orang. Tapi ketika Anda melihat perbandingan sesi tes hari pertama dengan hari kedua, peningkatan catatan waktu tercepat yang mereka bukukan tak begitu signifikan. Sementara apa yang kami lakukan, justru lebih baik. Di Misano pun begitu. Saat balapan mungkin mereka akan selalu bertarung untuk posisi tersebut, tapi kami yakin bisa mengalahkannya di setiap seri.”

Secara logis, pernyataan Lowes ini cukup masuk akal. Lantaran jika mereka terkalahkan oleh KTM di beberapa seri di 2017 mendatang, maka itu bakal jadi pembuktian KTM sekaligus Aprilia. (Spy/NM)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here