Sepang Dandan, Benahi Drainase, Run Off dan Trek Bumpy

0
sepang
Renovasi Sirkuit Sepang tengah dilakukan menyambut gelaran MotoGP. Foto: Dromo

NaikMotor – Sirkuit internasional Sepang, Malaysia kembali berbenah. Perbaikan yang mereka lakukan terutama di sisi drainase, zona run off, tepian trek (kerb) dan jalan bergelombang di beberapa titik. Sistem drainase yang mereka perbaiki, terutama untuk membuat sirkuit cepat mengering jika hujan turun saat balapan berlangsung.

Proyek ini dipercayakan langsung kepada perusahaan internasional yang sudah biasa mengerjakan perbaikan sirkuit, yaitu Dromo. Perusahaan asal Italia itu tak hanya memperbaiki dengan asal mengambil sikap saja, namun juga mempelajari kontur keseluruhan Sirkuit Sepang. Termasuk arah aliran air yang dan reliefnya.

Selain sistem drainase, mereka juga memperbaiki kemiringan permukaan sirkuit, terutama di zona tikungan. Kemiringan ini biasanya mereka sebut dengan chamber. Termasuk penempatan tepian sirkuit yang membantu pembalap merangkai jalur balap yang sesuai dan terbaik menurut mereka. Perubahan paling signifikan ada di tikungan 15. Karakternya dibuat jadi landai ke luar dan di sisi dalam tikungan tetap aman dari genangan air.

Bagian lain yang mengalami perbaikan dilakukan dengan memperlebar zona run off di tikungan kedua. Penempatan zona run off dari aspal di tikungan lambat ini, cukung membantu di lap-lap awal ketika terjadi perebutan posisi. Karena di tikungan inilah beberapa pembalap sering mengalami kehilangan kontrol dan banyak juga yang mengalami insiden terjatuh.

Bagian ketiga yang mengalami perbaikan adalah melapisi ulang bagian-bagian sirkuit terutama di bagian yang bergelombang. Biasanya jalan bergelombang ini disebabkan tenaga mobil yang melaluinya cukup besar. Misalnya seperti Formula 1.

Tentunya Sepang selalu berada jauh di depan jika dibandingkan dengan Indonesia yang masih mengandalkan Sirkuit Sentul sebagai sirkuit internasionalnya. Apalagi isu sirkuit baru, belum juga ada kabar pembangunan atau penyelesaiannya. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here