Perlakuan ‘Manja’ Honda CBR250RR di Pabrik AHM

1
174
Honda CBR250RR
All New Honda CBR250RR sudah diproduksi massal. Foto: Yudistira

NaikMotor – Kehadiran All  New Honda CBR250RR mewarnai ranah motor sport Tanah Air, sekaligus membawa berbagai inovasi. Teermasuk pula soal proses produksi yang diperlakukan manja.

Varian motor sport garang dari Honda itu diklaim memiliki engine supersport dengan perpaduan teknologi yang diambil dari Honda CBR1000RR dan RC213V-S. konsep lightweight supersport yang tersemat pada CBR250RR menawarkan kenyamanan lebih untuk digunakan dalam perjalanan dalam kota.

PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan pembuatan motor tersebut dengan teknologi super canggih yang dikendalikan oleh sumber daya manusia terampil di bidang manufaktur roda dua.

assembly_cbr_250rr

ALL New CBR250RR diproduksi pada ruangan khusus yang didesain dengan konsep Clean Room Assembly System di Pabrik AHM Plant 5 yang berlokasi di karawang, Jawa Barat. Teknologi Pick to Light System dan Interlock System digunakan pada semua lini perakitan.

“CBR250RR diproduksi di line khusus oleh SDM yang dipilih secara selektif. Motor ini menggunakan teknologi yang diambil dari superbike CBR1000RR dan RC213V-S. CBR250RR menggunakan Crankshaft berbahan metal. Karena itu, kami tempatkan pembuatannya di ruangan khusus agar tidak terkontaminasi kotoran,” jelas Production & Engineering Director PT AHM, Masahiko Ikegami.

Mesin dua silinder yang dikendalikan dengan teknologi throttle by wire bekerja maksimal pada putaran tinggi. Torsi yang dihasilkan pun cukup melimpah, sehingga butuh tingkat kepresisian tinggi untuk merangkai komponen mesin.

“CBR250RR butuh putaran tinggi untuk mencapai power maksimal. Top speed yang dicapai cukup tinggi. Kami melakukan pengendalian pengencangan torsi dengan seksama agar lebih presisi,” lanjut Masahiko.

Sebelum dilepas ke konsumen, AHM melakukan pencatatan torsi untuk memudahkan perawatan after sales. “Kami telah mencatat historical torque dari setiap unit CBR250RR. Hal itu dilakukan untuk memudahkan perawatan motor,” papar Masahiko.

Selain diperlakukan secara istimewa di pabrik AHM, sebagian besar komponen All New CBR250RR merupakan produk lokal. “Persentase Komponen lokal di CBR250RR mencapai 66 persen,” ungkap direktur Produksi AHM, David Budiono.

Saat ini, lebih dari 50 unit All New Honda CBR250RR telah selesai diproduksi. 2700 penginden pertama akan mendapatkan unit motor mulai bulan November ini. (Yudistira/nm)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*