Penampilan Perdana Yamaha YZF-R6 World Supersport 2017

0
151
EICMA 2016
Penampilan Yamaha YZF-R6 2017 yang hadir di EICMA 2016. Foto: Istimewa

NaikMotor – Dari panggung EICMA Milan 2016, Yamaha melansir sepeda motor yang akan menjadi pacuan di pentas FIM World Supersport (WSS) 2017. Adalah Yamaha YZF-R6 yang mendapat sentuhan racy dengan beberapa komponen balap.

Secara garis besar, motor yang akan menjadi tunggangan Lucas Mahias dan Federico Carucassulo di tim pabrikan, serta pembalap tim satelit Niki Tuuli dan Sheridan Morais itu tidak mendapatkan perubahan ekstrim.

Regulasi WSS memang tidak memperbolehkan perubahan terlalu banyak pada motor. Karena itu, R6 yang tampil di EICMA 2016 hanya mendapatkan beberapa perubahan yang tidak mengubah total bentuk asli.

Dari gambar yang dirilis Yamaha, perubahan terbesar dilakukan pada fairing, dengan membuat visor yang lebih tinggi dan tentunya tanpa lampu. Tampilannya mengacu pada fairing motor Yamaha di ajang World Superbike, YZF-R1.

yamaha_r6_2017_2

Perubahan lain yang diterima R6 WSS, yakni penggunaan knalpot Akrapovic Evo full titanium. Suspensi depan menggunakan fork diameter 43 mm plus cartridge dari Ӧhlins.

Sektor pengereman depan mengaplikasi cakram Brembo T-drive diameter 320mm. Ban balap Pirelli Diablo DOT menjadi pilihan untuk mengawal roda saat mengaspal.

Sejatinya, komponen-komponen balap tersebut tersebar di dealer Yamaha, bersama catalog aksesori Yamaha.

Sejatinya, R6  yang ditampilkan Yamaha di EICMA tidak sepenuhny sama dengan pacuan di WSS nantinya. Namun, perbedaannya dipastikan hanya sedikit, tidak akan terlalu jauh. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

*