Smartbike, Sepeda Listrik Pintar Kolaborasi Samsung dan Italjet

1
Sepeda listrik pintar, Smartbike hasil kolaborasi Samsung dan Italjet di EICMA 2016. Foto: DY

NaikMotor – Samsung tengah menggugah dunia roda dua dengan meluncurkan sepeda listrik mewah, Smartbike, hasil kolaborasi dengan pabrikan sepeda listrik Italjet, yang berbasis di Bologna, Italia. Sepeda itu dipajang di EICMA Milan 2016.

Model Smartbike itu dihasilkan dari proyek transfer teknologi dan tradisi dari master craftsmen, Samsung Maestros Academy. Smartbike kolaborasi Samsung dan Italjet, hasil perancangan Giovanni Pelizzoli selama tiga tahun dari sebuah konsep rangka aluminium. Sehingga hasilnya sebuah produk inovasi dan Made in Italy.

Dengan desain retro bergaya Italia sepeda listrik itu seperti lahir dari masa lalu berpadu  teknologi terkini dari Korea. Hadir dengan ban berukuran besar dan gearbox NuVinci 360 dan sadel buatan Inggris, Brooks.

Peran teknologi Samsung tampak pada setang Smartbike yang memberi ruang untuk menempatkan selular pintar, produk Samsung pastinya ditunjang aplikasi yang akan menginformasikan kondisi pengendaraan secara real time.

Ada pula fitur perintah suara yang akan memudahkan pengendara mengetahui jarak dan berapa lama akan menuju tujuan, tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. Sistem akan memandu ke point of interest, di mana ada tikungan dan tempat parkir sebuah toko misalnya.

Bahkan Smartbike dilengkapi dengan emergency call, yang akan akan aktif menghubungi nomor darurat jika pengendara terjatuh dalam 3detik, dengan mode speakerphone.

Aplikasi juga akan menampilkan kondisi baterai dan jarak yang masih bisa ditempuh dengan sisa listrik di baterai. Dan mode e-bike akan berubah jika baterai terlalu lemah, dengan pedal assist hingga kecepatan 25 km/jam saja.

Fitur cerdas lainnya berupa lampu belakang yang akan menyala merah jika sepeda berhenti, karena dilengkapi sensor akselerator dan cahaya yang akan menyala saat gelap.

Sementara untuk mekanikalnya, Smartbike dilengkapi motor pada hub depan sementara bagian belakang dengan gearbox countinous planetary (gir internal). Motor hub itu berdaya 250 W. Smartbike dipasarkan secara online dengan harga sekitar Rp 72 juta. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY