Ini Pembeda 3 Detik KTM RC16 dengan Yamaha M1 di MotoGP Valencia

2
KTM RC16
Mika Kallio saat membesut KTM RC16 di sesi latihan Valencia. Foto: Crash Media

NaikMotor – Penantian panjang KTM RC16 MotoGP untuk terlibat langsung dalam balapan MotoGP terjawab sudah di seri penutup musim 2016 MotoGP di Valencia, Spanyol.

Setelah sekian lama mengobarkan semangat sebagai sepeda motor balap MotoGP terkini, KTM RC16 MotoGP akhirnya beraksi dengan para kompetitor sesungguhnya di Valencia, Spanyol. Dalam debut pertama di sesi latihan MotoGP itu, RC16 dikendarai Mika Kallio.

Meski terpaut sekitar 3 detik di belakang pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang menjadi tercepat dalam latihan itu. Tetapi Mika Kallio belumlah puas atas pencapaiannya. “Selisih waktu yang dicapai dibandingkan Lorenzo benar-benar terlalu jauh. Meski 3 detik menjadi kejutan bagi tim, seharusnya kami bisa lebih rapat lagi terhadap si pembalap tercepat,” ujar Mika.

Mika sendiri menuding soal kurangnya grip roda belakang yang menyebabkannya keteteran saat memasuki tikungan maupun keluarnya.

Bulan lalu Tim KTM MotoGP telah menyebutkan putaran tercepat Mika adalah 1menit 32,8 detik saat mengelilingi Sirkuit Ricardo Tomo di Valencia dalam uji trek. Tetapi kali ini pembalap dari Finlandia itu lebih lambat satu detik dari pencapaian bulan lalu itu. “Kita belum menunjukkan yang terbaik,” sergah Mika.

Memang masalah grip sudah menjadi tantangan terbesar saat pengujian, tetapi ketika bertarung bersama kompetitor lain itulah, masalah grip roda belakang menjadi mengemuka. “Tapi tak bisa dipungkiri itu hasil yang nyata saat ini,” ujar pembalap yang turun terakhir kali di MotoGP 2010.

Sementara itu, Pol Espargaro dan Bradley Smith yang saat ini tergabung dalam Monster Yamaha Tech3, tampaknya mengikuti dengan seksama setiap perkembangan RC16. Sebab, Pol dan Bradley telah menandatangani kontrak untuk musim 2017 bersama Tim KTM. Mereka berdua akan menguji langsung RC16 setelah perhelatan final MotoGP musim 2016 di Valencia itu. (Afid/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here