Kebangkitan Erik Buell Hadirkan Black Lighting

0
92
Kebangkitan Erik Buell Hadirkan Black Lighting
Erik Buell Racing, menghadirkan model naked bike berbasis EBR 1190SX, Black Lighting. Foto: Motorxyclist

NaikMotor – EBR Motorcycles, yang kini memiliki nama baru menjadi Erik Buell Racing, menghadirkan model naked bike berbasis EBR 1190SX, Black Lighting. Model naked hasil dari kebangkitan EBR.

EBR Black Lighting terinspirasi dari Vincent Black Lightning, sepeda motor yang dikenal akan kecepatan dan performanya. Dengan berbasis EBR 1190SX 2015, Black Lighting akan memiliki performa yang sama dengan model basisnya itu. Hanya  sosoknya saja yang berbeda.

Naked bike itu hadir dengan stang lebih tinggi, jok rendah, dan pijakan lebih rendah, dengan kata lain didesain lebih urban friendly. EBR Black Lighting mengusung mesin 1.190 cc V-Twin yang menghasilkan 185 daya kuda. Erik Buell sendiri berkomentar, “Model memang didesain urban friendly, dengan berbagai komponen agar lebih sebagai all-round bike,” ujarnya dalam akun Facebook miliknya.

Dengan sosoknya itu, Black Lighting akan menawarkan riding postion yang relaks, dan berbeda dengan superbike 1190 RX yang seplatform dengannya, bahkan naked bike 1190SX yang menjadi basisnya. Di bagian final drive-nya telah dirancang lebih besar ukurannya agar akselerasi lebih lembut dan bertorsi.

Erik Buell telah mengalami perjalanan bisnis pahit dalam dua dekade terakhir hingga akhirnya dihentikan produksinya pada 2015. Kesulitannya diawali ketika lepas dari Harley-Davidson pada 2009, kemudian diakuisisi oleh Hero, pabrikan India, namun dilepas pada April 2015.

Hingga akhirnya dibeli oleh pengusaha Amerika Serikat pada Januari 2016. EBR kemudian memulai kembali usahanya dengan dana segar yang diperoleh, dengan menawarkan model baru 2017 mulai dari 1190 RX, kemudian 1190 SX dan terakhir Black Lighting.

Kabarnya, Black Lighting akan mulai dipasarkan Maret 2017 dengan harga sekitar Rp 182 juta di Amerika Serikat. Dan tampil perdana saat International Motorcycles Show di Long Beach, California , AS, 18-20 November 2016. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*