Gejolak Perburuan Gelar Juara di Final FIM Asia Supermoto Malaysia

0
Gejolak Perburuan Gelar Juara di Final FIM Asia Supermoto Malaysia
Supermoto Asia akan memasuki babak final di Malaysia. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pentas FIM Asia Supermoto 2016 akan menggelar seri keempat, yang merupakan seri penutup musim ini di Stadion Shah Alam, Malaysia (17-18/12/2016). Kompetisi dalam perebutan predikat juara kelas Asia dan Internasional akan tersaji dalam balapan nanti.

Setelah melewati seri ketiga di arena Bayanihan Park, Filipina, para pembalap bersiap untuk menghadapi tantangan berbeda di Malaysia. Jika di Filipina mereka harus menerobos lintasan aspal yang sempit dan trek off-road yang licin mengitari pusat rekreasi Bayanihan, di Malaysia para peserta akan menghadapi trek yang mengelilingi Stadion Shah Alam.

Andy McLiesh menjadi penguasa Asia Supermoto Filipina, berkat kemenangan meyakinkan di Moto1 dan menang dramatis di Moto2. Sedangkan pemimpin klasemen sementara, Muhd Habibulla alias Gabit menjadi runner-up pada dua balapan tersebut.

Sebelumnya, enam pembalap, yakni Mc Liesh, Richard Dibben, Mohd Al-Amirul Ashshadi alias Gaban, Gabit, Mohd Khairi Zakaria, dan yasushi Matsumoto menjadi enam pembalap yang start beruturut-turut di posisi enam besar setelah melewati sesi super chrono. Sayangnya Dibben tidak bisa mengikuti balapan Moto1 akibat kerusakan pada motornya.

Mc Liesh tampil perkasa pada balapan Moto1, selepas start ia langsung melesat, membuat selisih waktu yang signifikan dengan pembalap di belakangnya. Ia berhasil mempertahankan posisinya sampai finis.

Sedangkan kakak-beradik Gaban dan Gabit bertarung untuk posisi kedua. Keberuntungan berpihak pada Gabit, ketika Gaban nyaris high pada lap 14, ia mampu menjauh dan finis sebagai runner-up. Gaban harus puas di podium ketiga, diikuti Takashi Sasaki, Matsumoto, dan Khairi.

Jalannya persaingan dalam Moto2 diwarnai banyak insiden. Tak lama setelah start, Mc Liesh yang saat itu dibayangi Gabit dan Matsumoto menabrak bantalan lintasan. Kerugian justru didapatkan Gabit dan Matsumoto yang lajunya terhambat.

Usaha dua pembalap tersebut untuk menaklukan Mc Liesh menjadi sangat sulit setelah pembalap Australia itu kembali menjauh. Pertarungan untuk posisi runner-up yang akhirnya jadi tontonan menarik.

Gabit kembali diterpa keberuntungan, saat Matsumoto juga menabrak bantalan lintasan dan otomatis tertahan beberapa saat. Di akhir balapan, Gabit finis kedua, Matsumoto mampu mempertahankan urutan ketiga, dibuntuti Sasaki, Gaban, dan Khairi.

Di Malaysia, Mc Liesh, Gaban, dan Khairi akan menjadi penantang buat Gabit dalam perebutan trofi juara. Pertarungan diprediksi akan berlangsung sengit. Jadi jangan lupa nantikan final FIM Asia Supermoto pada 17 dan 18 Desember 2016, dan tunggu updatenya di NaikMotor. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY