Nih Sosok Motor Jawa Californian Concept 351 Kelak

0
Jawa Californian Concept 351
Model Jawa rekaan Oberdan Bezzi.

NaikMotor – Oberdan Bezzi seorang desainer sepeda motor kembali menampilkan rekaannya untuk sepeda motor Jawa. Pabrikan sepeda motor dari Republik Ceko itu kini berada di tangan Mahindra grup, konglomerat dari India yang juga menguasasi saham BSA dari Inggris. Oberdan menamakan rekaannya sebagai Jawa Californian Concept 351.

Oberdan Bezzi sebenarnya desainer sepeda motor independen, ia pernah bekerja untuk Ducati, Cagiva, Aprilia, Benelli dan MotoGuzzi. Sebelumnya ia pernah mengajukan rekaannya untuk BSA modern. Rekaan Oberdan memang yang paling dinanti, karena dianggap lebih jitu sketsa tebakannya, berkat pengalamannya saat turut mendesain model sepeda motor di berbagai pabrikan tadi.

Seperti pada goresan BSA, Oberdan memperlihatkan sketsa digital model Jawa bergaya retro dengan membawa perangkat modern. Seperti suspensi depan upside down, dan shockabsorber belakang gas charged. Tetapi berbeda dengan sketsa BSA, Californian 351 itu masih menggunakan sistem rem produk Jawa. Sedangkan pelek jari-jari yang digunakan akan menambah kesan klasik model.

Pabrikan Jawa seperti juga BSA kini dikendalikan oleh Classic Legends Pvt Ltd, anak perusahaan Mahindra. Di bawah kendali Mahindra, Jawa diperkirakan akan lebih banyak menawarkan model berkapasitas kecil. Produk Jawa akan diutamakan untuk pasar India sendiri, sementara BSA akan diekspor ke luar India.

Perkiraan para pengamat yang dimuat dalam berbagai media India menyebutkan, model Jawa pertama akan diluncurkan pada 2019 mendatang. Sedangkan wujud konsepnya akan ditampilkan dalam motor show 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY