Alasan Tim-tim MotoGP 2017 Melakukan Winter Test Hanya di 3 Sirkuit

1
117
alasan tim-tim MotoGP 2017 melakukan winter test
Tiga sirkuit yang dijadikan sesi pengujian resmi MotoGP. Foto: Blogo

NaikMotor – Pada pengujian musim dingin menjelang musim MotoGP 2017 tim peserta   hanya memanfaatkan sirkuit tertentu. Tentu menarik mengetahui alasan tim-tim MotoGP 2017 melakukan winter test hanya di 3 sirkuit: yaitu Sepang, Philip Island, dan Losail Qatar.

Awal tahun 2017, tim-tim MotoGP memang tengah mempersiapkan diri. Baik uji motor, ban dan perangkat pendukung lainnya dalam tes yang biasa disebut sebagai pengujian musim dingin atau winter test. Seperti ada kesepakatan tim-tim hanya melakukan uji di sirkuit tertentu dalam mengumpulkan data secara ekstensif. Termasuk dengan beberapa pembalap uji berbeda.

Loris Capirossi, pengawas keselamatan racing dan perwakilan manajemen Dorna, bersama dengan Juan Martinez, Technical Manager suspensi tim Repsol Honda menjelaskan alasan mengapa setiap tahun motor balap dan pembalap selalu diuji dalam tiga sirkuit itu.

Pilihan sirkuit untuk uji diambil dengan kesepakatan antara tim, dengan Dorna, IRTA dan pemasok ban. Serta sirkuit dengan iklim paling akomodatif untuk menyelesaikan semua tes berbeda yang diperlukan.

Sepang, Malaysia misalnya dipilih karena memiliki trek bervariasi, yang mulai dari trek terpanjang untuk kecepatan puncak sekaligus untuk pengereman berat. Menurut Martinez, karakter sirkuit demikiani memungkinkan untuk menguji setup sasis dan durasi ban pada situasi stres tinggi. Dan iklim Malaysia menjadi ideal pula untuk menguji stamina pembalap dan mesinnya, sehingga bisa menjadi data dasar untuk pengujian di sirkuit lainnya seperti Barcelona dan Mugello.

Setelah tiga hari pertama pengujian semua data dikirim ke insinyur, siap untuk dianalisa dalam rangka untuk merencanakan sesi tes kedua, kali ini di Australia. Phillip Island adalah salah satu sirkuit dengan kecepatan rata-rata 182 km/jam. Seperti diungkapkan Capirossi, ideal untuk pengujian ban.

Bahkan ditambahkan oleh Martinez terutama di ‘sektor terakhir ban belakang banyak menderita karena pelaksanaan tertentu dari kurva dan sudut untuk kecepatan tinggi dan kesempatan bagi tim mencoba solusi ban yang berbeda menggunakan kembangan asimetris dengan kompon yang berbeda dan kekakuan yang berbeda.

Terakhir Losail Qatar, merupakan tes terakhir dan  sangat penting karena seri pertama akan diselenggarakan musim 2017. Tantangan tim di Losail adalah kendala utama berupa pasir yang menutupi sirkuit.

Usai tes Losail, motor balap akan ‘disegel’ untuk penggunaan sepanjang musim balap. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*