Yamaha Siap Gelar Sunday Race R Cup Series, Race Party R-Series

0

Yamaha-Sunday-race-R-Cup-Series

Sentul (naikmotor) – Dua tahun sukses menyelenggarakan Yamaha Asean Cup Race (YACR) di 2013 dan 2014 , menorehkan sejarah sebagai event terbesar yang dilaksanakaan Yamaha Indonesia.

Bukan hanya karena Yamaha Indonesia sukses jadi juara umum di dua tahun itu, namun euforia event tersebut terus berlanjut menginspirasi lahirnya Yamaha “SUNDAY RACE” with R Cup. Dari namanya seperti membangkitkan kembali memori masa lalu balapan yang sering diadakan penyuka balap di sirkuit Ancol yang selalu diadakan setiap hari Minggu.

Slogan “We R Different” dan lahirnya R Series R6, R15 & R25 yang fenomenal, menjadi inspirasi gelaran Yamaha Sunday Race with R Cup Series 2015. Yang menarik bukan hanya pebalap profesional yang bertanding, tetapi R-Shop Yamaha, Komunitas & klub-klub R Series turut meramaikan persaingan memperlihatkan kehebatan R Series mereka.

”Tidak hanya sekadar penyaluran hobi menggeber maksimum motor di trek sirkuit permanen. Mereka diedukasi menggunakan CLV (Circuit Log Viewer) teknologi untuk mengetahui “riding skill” (kemampuan mengendarai) yang benar di sirkuit permanen Sentul International dengan bimbingan pembalap handal Yamaha Indonesia. Dan seluruh peserta diwajibkan menggunakan riding gear atau perlengkapan balap yang lengkap untuk persayaratan keamanan pembalap,” ujar M. Abidin GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Balapan yang seluruhnya menggunakan motor sport berteknologi injeksi, bukan hanya event untuk pembalap, tetapi ajang belajar para teknisi balap lebih tajam setting motor injeksi. Event besar Sunday Race with R Cup digelar 5 seri di Sentul International Circuit, di mana perdananya di Jumat – Minggu 27-29 Maret 2015.

Race R-Series Kelas Rider dan Komunitas

Event ini adalah penjenjangan setelah selama 27 Tahun Yamaha Cup Race (YCR) secara konsisten digelar di berbagai daerah di pelosok Indonesia. Sesuai temanya R Series, motor yang digunakan adalah YZF-R6, YZF-R25, YZF-R15. Terdapat tiga kategori di ajang ini (Professional, Komunitas A, dan Komunitas B), dengan kelas-kelas perlombaan yaitu :

Kelas YZF-R15 Komunitas

Kelas YZF-R15 Professional

Kelas YZF-R25 Komunitas A

Kelas YZF-R25 Komunitas B

Kelas YZF-R25 Professional

Kelas YZF-R6 Komunitas

Kelas YZF-R6 Professional Riders

Untuk Profesional Rider dan Komunitas A di jalur Championship sedangkan Komunitas B adalah Exhibition Race. Di kelas profesional rider diikuti pembalap profesional menggunakan motor injeksi spesifikasi racing.

Komunitas A berasal dari anggota klub motor Yamaha R Series atau non komunitas Yamaha tapi bukan pembalap profesional. Di kelas ini memakai motor spesifikasi standard tune up.

Sedangkan yang paling seru persaingannya di kelas Komunitas B berasal dari anggota klub motor R Series Yamaha yang terkenal sangat kompak. Di Komunitas B menggunakan motor spesifikasi standard , hanya modifikasi terfokus pada bagian safety part saja seperti brake system, steering system.

Sedangkan di bagian fuel system dilimitasi modifikasinya, dimaksudkan agar lebih terjangkau dan ikut balap tidak perlu mahal. Ini jadi ajang pembuktian kualitas R Series Yamaha.

Di kelas Komunitas diwajibkan melampirkan surat rekomendasi dari klub atau komunitas dengan skill levelnya setara. Tentunya ini akan jadi tontonan menarik karena di kelas ini selain motor setara dan pembalap yang setara, jadi makin seru karena para peserta diperkenankan didampingi kekasih-kekasih mereka untuk memberikan semangat, karena ini event milik komunitas R Series, REVS YOUR EGO.

Yamaha “SUNDAY RACE With R Cup 2015 bertema “REVS YOUR ENGINE, FEEL THE POWER”, semakin lengkap dengan konten pendukung Racing Kit Market, Yamaha technology exhibition, Yamaha Safety Riding Science (YSRS) for Kids, gathering komunitas, school competition. (rls/NM)

LEAVE A REPLY