Pentingnya Penanganan Limbah Event Motorsport

0
penanganan limbah motorsport
Sekjen Ikatan Motor Indonesia, Jeffrey JP saat Mukernas IMI 2016 yang berlangsung di Hotel Sari Ater, Subang, Jawa Barat. Foto: IMI

NaikMotor – Setelah seminar mengenai pengawas lomba dan medis event motocross, akan dilanjut dengan seminar penanganan limbah event Motorsport. Untuk penyelenggaraannya IMI kembali menggandeng FIM.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja sama dengan Federation of International Motorcycling (FIM) akan menghadirkan kembali seminar International Technical Steward (CTI) dan International Environmental Steward (CIE) di Hotel Aston Priority, TB Simatupang, Jakarta pada Sabtu dan Minggu, 18-19 Februari 2017 mendatang.

Mengenai digelarnya rangkaian seminar penanganan limbah event motorsport yang berkonsep “Standing Together” ini, Sekretaris Jenderal IMI Pusat, Jeffrey JP mengatakan, “Di seminar kedua ini, IMI dan FIM memberikan sesuatu pengetahuan yang baru kepada para peserta. Seminar International Environmental Steward (CIE) dimana akan membahas mengenai bagaimana menjalankan suatu sitem untuk kebersihan lingkungan dan limbah dari suatu event motorsport pada saat pra maupun setelah event otomotif berlangsung.”

“Tentunya ini merupakan hal baru yang harus kita mulai sejak sekarang, karena seperti kita ketahui bersama, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan kebersihan lingkungan masih perlu ditingkatkan lagi guna menciptakan lingkungan yang baik dan bersih. Selain itu, kebersihan dan kerapihan juga merupakan salah satu factor terpenting yang perlu dirawat dan dijaga,” tambah Jeffrey.

Sedangkan dalam seminar International Technical Steward (CTI), Jeffrey mengungkapkan bahwa para peserta diajak untuk lebih memahami mengenai teknis dan spesifikasi ideal dari regulasi olaharaga sepeda motor yang telah ditetapkan, namun seringkali masih belum diaplikasikan karena berbagai macam faktor.

Dalam seminar dua hari ini, dua orang pakar yang bertindak langsung sebagai pembicara telah dipersiapkan oleh IMI & FIM yaitu Charles Hennekam selaku Koordinator Teknis Internasional FIM yang akan memberikan penjelasan dalam seminar International Technical Steward (CTI) dan Kattia J. Hernandez selaku FIM International Sustainability Commission Director yang akan memberikan pengarahan sekaligus pelatihan dalam seminar International Environmental Steward (CIE).

Setelah seminar kedua ini selesai digelar, IMI masih akan melanjutkan program seminar ketiga—dari rangkaian program seminar “Standing Together” pada 22 dan 23 April mendatang. IMI kali ini akan bekerjasama dengan FIA untuk menggelar seminar seputar sistematis perlombaan, homologasi, sertifikasi, dan lisensi. (rls/NM)

LEAVE A REPLY

*