Fairing Winglet Baru di Aprilia dan Suzuki, Apa Bedanya dengan Yamaha?

1
299
Fairing Winglet Baru di Aprilia dan Suzuki
Aleix Espargaro menjajal desain fairing winglet baru di Aprilia RS-GP di hari kedua tes MotoGP Australia. Foto: Crash Media

NaikMotor – Masalah desain fairing yang berperan sebagai pengganti winglet mulai diujicoba tim MotoGP 2017 di tes pramusim Australia. Dua tim yang menggunakan fairing winglet baru di Aprilia dan Suzuki di hari kedua tes Phillip Island, Kamis (16/1/2017).

Penggunaan fairing winglet baru di Aprilia RS-GP oleh pembalap Aprilia Racing Team Gresini sebenarnya telah diungkapkan Aleix Espargaro pada hari pertama tes di Phillip Island, Australia. Dan kemudian dijajalnya di satu jam terakhir di tes hari kedua.

Tim Aprilia MotoGP Mengkonfirmasi Fairing Baru Pengganti Winglet
Desain fairing baru Aprilia MotoGP. Foto: Crash Media

Fairing baru itu tampak dengan lubang angin ke mesin lebih maju ke depan dan windscreen lebih landai. Desain itu tampaknya dimaksudkan agar motor tetap mendapatkan downforce meski hanya separuhnya dibandingkan winglet sebelum dilarang di MotoGP.

Tetapi di kesempatan lain, Espargaro menyebutkan, “Tenaga RS-GP harus ditingkatkan dulu agar desain baru itu memiliki efek downforce optimal. Sebab dengan performa yang ada, dampak fairing baru itu tak terasa signifikan. Ketika berakselerasi, saya tak perlu mengaktifkan wheelie control. Padahal menurut saya, Aprilia RS-GP adalah motor dengan elektronika dan sasis terbaik di antara motor balap yang pernah saya tunggangi.”

hasil_tes_motogp_australia_2017-6
Foto: Steve English

Tim Ecstar Suzuki dengan pembalapnya Alex Rins ikut menguji fairing baru yang terintegrasi dengan winglet. Meski desainnya mirip dengan milik tim Aprilia dan Movistar Yamaha, tetapi ada beberapa perbedaannya.

Winglet integral Suzuki diletakkan di bagian atas fairing dan ban depan seperti milik Aprilia, hanya saja Suzuki tidak mengubah desain windscreen lebih landai. Sedangkan pada Yamaha, winglet diterapkan pada bagian fairing sisi, di belakang roda depan.

Tim-tim MotoGP musim 2017 memang tengah berkutat dengan desain baru fairing pengganti winglet. Sementara tes pra musim setelah di Phillip Island akan berlanjut di Qatar untuk terakhir kalinya. Sehingga tes di Australia itu akan menjadi tahapan terakhir untuk menguji desain pengganti sayap tersebut.

hasil_tes_motogp_australia_2017-1
Foto: Crash Media

Pasalnya dalam aturan baru MotoGP 2017 yang dikeluarkan FIM, tim peserta hanya diperbolehkan mengganti desain fairing satu kali selama satu musim.

Saat tes Sepang tim Yamaha yang pertama menunjukkan desain winglet terintegrasi dengan fairing. Fairing terbaru pada motor Yamaha M1 yang ditunggangi Valentino Rossi memiliki bagian sisi yang lebih kembung, dengan tiga rongga di bagian depan. Dalam rongga tersebut, terdapat dua bagian yang berbentuk seperti winglet dalam ukuran sangat kecil dan terintegrasi langsung dengan fairing.

Bagian cembung  tersebut tentu harus menjadi kesatuan dengan fairing, sebab dalam regulasi MotoGP dikatakan tidak boleh memasang komponen yang tidak terintegrasi dengan fairing atau body. (Afid/nm)

Hari kedua Tes MotoGP Sepang
Bentuk fairing baru Yamaha. Foto: Crash Media

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*