Ducati Abaikan Fungsi Winglet, Salad Box jadi Rahasia Besar

0
Salad Box
Desmosedici GP17 belum menggunakan fairing baru sampai tes MotoGP Australia. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pada tiga hari tes MotoGP Australia 2017 (15-17/2/2017) Tim Ducati Corse tidak menampilkan perangkat terbaru dari Desmosedici GP17. Sampai saat ini, Tim Merah belum mau mempublikasikan bentuk fairing terbaru dan fungsi salad box di bagian buntut motor yang diperlihatkan saat tes MotoGP Sepang awal Februari lalu.

Sejauh ini, dua pembalap Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso tidak mengeluhkan soal aerodinamis motor setelah menanggalkan winglet. Lorenzo justru mengeluhkan cornering speed Desmosedici GP17 yang masih belum optimal.

“(Motor) Ducati masih punya kekurangan pada cornering speed saat (tes Phillip Island), jadi harus memainkan gas lebih agresif. Ini merupakan cara berkendara yang berbeda (buat saya),” curhat Lorenzo dilansir Crash.

Ketiadaan winglet memang membat pabrikan asal Borgo Panigale harus bekerja ekstra membuat downforce Desmosedici GP17 lebih baik. Tapi, baik Lorenzo atau Dovi tidak terlihat kesulitan mengendalikan power motor Ducati yang sangat besar.

“Motor kami sudah dirancang menggunakan winglet, jadi saat ini cukup sulit bagi kami tanpa menggunakan winglet. Tapi, dua pembalap kami tidak mengeluhkan (wheelie) saat ini,” terang CEO Ducati, Claudio Domenicalli saat bertandang ke Jakarta,  Jumat (17/2/2017).

Perihal fairing baru Desmosedici GP17, Domenicalli sedikit berkilah. Menurutnya, Ducati belum pasti akan menggunakan fairing baru untuk MotoGP 2017. Sampai tes MotoGP Australia (15-17/2/2017), Tim Merah tidak juga menggunakan fairing anyar pada motor Lorenzo dan DOvi.

“Kamu menanyakan fairing kepada saya, apakah kamu sudah lihat fairing baru Ducati? Pembalap saya tidak mengeluhkan (downforce) saat ini. Kami belum tentu menggunakan fairing baru,” ucap Domenicalli sedikit berkelakar.

Sementara itu, pria yang bekerja di Ducati Motor Holding sejak tahun 1991 itu tidak mau bicara sedikitpun soal salad box. “(Fungsi salad box) itu rahasia,” cetusnya sambil tertawa. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here