Trik Membuat Suspensi Yamaha R15 Stabil dengan Kocek Rp 300 Ribuan

0
Suspensi Yamaha R15
Stabilizer suspensi Yamaha R15 dan Jupiter MX Racing Boy. Foto: Yudistira

NaikMotor – Membuat bagian depan motor sport seperti Yamaha R15 lebih stabil ternyata tidak melulu harus dilakukan dengan mengganti suspensi. Memasang stabilizer suspensi Yamaha R15 bisa jadi pilihan lebih mudah dan murah untuk membuat kinerja peredam getaran lebih baik.

Stabilizer suspensi tersebut juga tersedia untuk Yamaha V-ixion, serta Jupiter MX dipasarkan oleh brand aksesori asal Malaysia, Racing Boy, dengan model yang unik. Pemasangannya tidak rumit, hanya dengan menjepit di kedua garpu fork depan kanan dan kiri.

Peranti tersebut bekerja dengan menyeragamkan gerak kedua unit suspensi, mengurangi risiko salah satu fork sehingga ketika terjadi benturan keras. Motor juga lebih stabil di kecepatan tinggi karena peredaman getaran lebih optimal.

“Pemasangan untuk (Yamaha) R15 dan V-ixion plug n play, sesuai dengan ukuran (diameter) suspensi, diletakannya di tabung suspensi depan, tepatnya di atas fender. Stabilizer ini mencengkram kedua unit suspensi, jadi kerjanya stabil dan tidak jadi renggang ketika sering terbentur. Pengereman keras lebih aman dengan menggunakan alat ini,” jelas Technical Support Uma PT Enwan Multi Partindo, Franky Gilchandra.

Stabilizer model transformer untuk tabung fork depan Yamaha Jupiter MX 135cc dihargai 375 ribu rupiah dan model alien untuk ukuran suspensi Yamaha R15 dan Vixion dipasarkan dalam kisaran harga 350 ribu rupiah.

Jika mau feeling bagian depan motor lebih stabil, stabilizer setang  Racing Boy seharga 1 juta rupiah dapat diaplikasi untuk motor sport. Fungsinya tentu untuk memberikan keseimbangan termasuk menyerap guncangan pada kemudi saat kecepatan tinggi. (Yudistira/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here