Federal Academy Akan Punya Lulusan Mekanik Bersertifikat Profesi

1
Federal Oil Gerebek Ramadhan 2017
Program Federal Oil Gerebek Ramadhan 2017 melibatkan ratusan outlet. Foto: Dok.NMC

NaikMotor – Mekanik menjadi sosok penting dalam menyampaikan informasi produk ke tangan konsumen sekaligus kecakapannya memberikan servis kendaraan. Melalui Federal Academy, para mekanik akan diberikan materi komprehensif dan memiliki sertifikasi dengan standar nasional.

Dari hasil kegiatan training dan workshop yang dilakukan selama ini oleh Federal Oil kepada para mekanik, pihak PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil ingin meningkatkan lagi kompetensinya melalui sebuah akademi.

Federal Academy
Lulusan Federal Academy akan memiliki sertifikat keterampilan berstandar nasional. Foto: Arif

” Kita ingin ada value untuk mekanik bukan hanya training, makanya kita ubah konsepnya menjadi semacam akademi. Nantinya para mekanik akan diberikan pelatihan oleh trainer-trainer yang bersertifikat antara lain oleh Badan Sertifikasi Nasional Profesi (BNSP),” sebut Herry Hambali, Sales and Marketing Director PT Federal Karyatama kepada media, Rabu (15/3/2017) sebelum bertolak ke Bali, sebagai kick-off program Federal Academy.

Federal Academy adalah program pendidikan yang disusun secara sistematis untuk mencipatkan standarisasi mutu dan kemampuan tenaga mekanik. Hal ini diperkuat dengan pemberian sertifikasi yang dapat diperoleh oleh mekanik pada akhir masa pendidikan.

Dalam Federal Academy, para mekanik akan diberikan materi mulai keselamatan kerja di bengkel, customer service termasuk soal teknis mesin. Ada tiga level materi pelatihan dari basic, intermediate dan advance. Khusus yang level advance, arahannya sudah banyak bicara ke dunia balap.

Federal Academy akan digelar di Bandung, Bali, Jakarta, Surabaya dan Semarang dengan materi peningkatan kompetensi melanik bengkel binaan Federal Oil.

Federal Academy

Setelah lulus level basic akan meningkat ke  level selanjutnya yakni pengetahuan sistem injeksi dan penanganan trouble sooting. Kemudian tingkatan advance berupa kontes mekanik di bulan September dengan hadiah utama ke Sepang pada Oktober mendatang.

Menurut Herry, bukan tanpa alasan mengadakan Federal Academy, karena berhubungan dengan peningkatan mutu sumber daya untuk jaringan bengkel rekanan mereka yakni Federal Oil Center (FOC) dan Super Federal Oil Center (SFOC).

” Kita ingin punya standarisasi untuk bengkel FOC dan SFOC. Jadi kalau konsumen datang ke bengkel umum tapi ada logo keduanya, mereka bisa yakin bahwa mekaniknya memiliki standar, namun dengan harga terjangkau,” tambah Herry.

Karena ingin mendapatkan kualitas dari akademi tersebut agar bisa diikuti dengan fokus, setiap pelatihan yang akan digelar di 8 kota ditargetkan sebanyak 30 mekanik. Jadi dalam satu tahun, Federal Oil akan memiliki 240 mekanik bersertifikat.

“Tentu yang kita utamakan adalah mekanik dari FOC atau SFOC, jadi pembagiannya setiap trainer akan menangani 15 mekanik untuk praktik dan teori, ” jelas Herry. (Arif/nm)

Federal Academy

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here