Prediksi MotoGP Austin: Yamaha Tak Bakal Sekompetitif di Qatar!

0

COTA-Yamaha-Sulit-1

Texas (naikmotor)Jika bertanya tentang karakter sirkuit Austin alias Circuit of The Americas (COTA), Honda RC213V masih terpilih sebagai motor yang paling kompetitif di sana. Lantaran tahun lalu dan tahun sebelumnya, Honda memang selalu tampil superior.

Klaim Yamaha bisa tampil cepat di tipe sirkuit dimana Honda bisa tampil kuat, rasanya bakal berbeda dengan fakta yang ada di Sirkuit Austin nantinya. Lantaran dari sisi teori, Honda punya keunggulan di zona akselerasi dan stabilitas pengereman.

Artinya, tipe motor yang kuat di zona pengereman inilah yang diprediksi bakal tampil konsisten. Apalagi Honda mulai mencari celah untuk bisa tampil kompetitif. Lalu di sisi mana kedua pembalap Yamaha bakal mengambil keuntungan dari pembalap Honda di COTA? kemungkinan besar akan terjadi di tikungan 17-18. Lantaran karakter tikungan ini adalah rolling speed atau tikungan cepat.

Namun banyaknya bagian sirkuit yang sangat narrow atau bersifat stop & go, bakal membuat pembalap Yamaha harus putar otak atau asah skill lebih baik lagi. Tentu tidak ada jalan lain untuk bisa tampil mendahului Honda yang notabene sangat perkasa di tipe sirkuit seperti ini.

Masalah kedua adalah kompetitifitas motor Ducati dan juga pembalapnya yang bisa tampil baik. Bukan rahasia juga kalau Ducati punya kelemahan di zona pengereman berat namun disambung dengan tikungan rolling speed. Tapi rasanya karakter COTA bakal membawa Ducati tampil perkasa.

Kalau bisa dikatakan, Yamaha takkan jadi rival utama di MotoGP Austin nanti. Namun Ducati tanpa masuk dalam prediksi banyak orang, rasanya bisa tampil kompetitif. Sekarang tinggal melihat seberapa kompetitif kedua pembalap Ducati di tipe sirkuit seperti ini. (Spy/NM) Foto: COTA

COTA-Yamaha-Sulit-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here