Sirkuit Villicium di Argentina Masuk Kalender WSBK 2018

0
Argentina Masuk Kalender WSBK 2018
Sirkuit Villicium menandai Argentina sebagai penyelenggara WSBK untuk pertama kalinya pada 2018. Foto: WSBK

NaikMotor – FIM, Dorna dan WSBK mengumumkan untuk pertama kalinya Argentina masuk Kalender WSBK 2018. Kesepakan itu disampaikan saat akhir pekan pelaksanaan MotoGP 2017 berlangsungdi Termas de Rio Hondo, Argentina, Minggu (9/4/2017).

World Superbike Championship 2018 seri Argentina itu akan diselenggarakan di Sirkuit Villicium yang tengah dalam proses penyelesaian pembangunannya. Sirkuit terletak di Provinsi San Juan, di pantai Barat Argentina yang berada di rute terkenal Route 40, jalan sepanjang 5.000 km dari Utara ke Selatan Argentina sejajar Pegunungan Andes.

Pembangunan Sirkuit Villicium telah berlangsung sejak Oktober 2016 lalu. Sirkuit telah mendapat homologasi oleh FIM di awal 2017 untuk menyelenggarakan World Superbike.

Dengan Argentina masuk Kalender WSBK 2018 maka untuk pertama kalinya pula balapan dunia Superbike diselenggarakan di Amerika Selatan. Diperkirakan untuk memudahkan tranportasi logistik dan perjalanan pembalap serta tim, penyelenggaraan WSBK 2018 di Argentina akan berlangsung antara bulan Juli dan Agustus. Sebab, untuk putaran di Laguna Seca, Amerika Serikat, WSBK berlangsung sekitar bulan itu.

Seperti juga pelaksanaan MotoGP yang mengombinasikan flyaway Argentina dan Amerika di COTA, Texas dalam bulan April.

Sirkuit Villicium didesain oleh arsitek Argentina, Leonardo Stella. Treknya memiliki 19 tikungan 11 kiri dan 8 kanan, serta trek lurus sepanjang 1.039 m. Didukung pula dengan pembangunan hotel baru yang berjarak sekitar 4,2 km dari trek

Carmelo Ezpeleta, Dorna CEO, “Sungguh mengesankan melihat WSBK berlangsung di Amerika Selatan untuk pertamakalinya, dan seperti melanjutkan kesuksesan seri MotoGP Argentina. Dengan dua penyelenggaraan balapan dunia di Argentina menunjukkan hasrat masyarakat Argentina akan dunia bala begitu mengakar .”

Ezpeleta melanjutkan, “Sirkuit Villicium dibangun dengan fasilitas terbaik dengan trek menarik yang memudahkan tim dan fans motorsport di Argentina.”

San Juan sendiri menjadi jalur Dakar Rally 2017, dan telah memiliki sirkuit lain El Zonda untuk balapan.

Di lain pIhak, dengan Argentina masuk kalender WSBK 2018, sepertinya untuk menggantikan Sepang Malaysia yang telah menarik diri setelah menyelenggarakan WSBK pada 2014 hingga 2016. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*