Petisi Bersama Moge Masuk Tol, Pemutihan dan Pajak Motor di JIBW 2017

0
Petisi Bersama Moge Masuk Tol, Pemutihan dan Pajak Motor
MBC penggagas JIBW 2017 berhasil kumpulkan 4.034 pemotor, pecahkan rekor MURI. Foto: istimewa

NaikMotor – Jakarta International Bike Week (JIBW) 2017yang diadakan oleh Motor Besar Club (MBC) pada 6-7 Mei 2017 di Parkir Timur Senayan antara lain menghasilkan petisi bersama moge masuk tol, pemutihan dan pajak motor. Meski sempat diguyur hujan, JIBW 2017 mencetak rekor penunggang moge sebanyak 4.043 orang.  

Di hari kedua, kembali ribuan pemotor dari semua merek motor dan kubikasi besar memadati lokasi di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Walaupun hujan sempat membasahi area kegiatan namun para Pemotor terlihat antusias untuk mengikuti jalannya acara.

Hari kedua itu dibuka dengan ‘Sunmori’ atau Sunday Morning Ride dengan destinasi area JIBW 2017. Di lokasi langsung dilaksanakan bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada ratusan anak yatim. Dikomandoi MC Jodhy Superbejo, diadakan pula lelang motor besar, yaitu motor Harley-Davidson dari Nusantara Harley-Davidson, serta motor Indian dari Victory Indian Motorcycle Indonesia. Setelah itu, freestyler Indonesia, Wawan Tembong, kembali menghibur dengan penampilan yang memukau. Pengunjung JIBW 2017 dihibur oleh penampilan band ternama, /rif. MBC

Dalam acara ini pula, para motoris melahirkan tiga tuntutan melalui petisi bersama moge masuk tol, pemutihan dan pajak motor besar. Mereka mengharapkan uji coba motor besar masuk jalan tol bisa segera dilaksanakan. “Ini bukan karena motor besar arogan,” tutur Irianto. Menurutnya, akses ke jalan bebas hambatan atau tol lebih ditujukan lebih dengan tujuan untuk mengubah pandangan pemotor mancanegara bahwa di Indonesia bagai ‘neraka’ karena jalanan macet.

Pemotor berbadan tegap ini juga menyampaikan harapan kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah motor tak bersurat melalui pemutihan. ” Hal ini dikarenakan banyak pemotor yang ingin mengurus surat motor namun tak mungkin dilakukan karena beberapa hal seperti umur motor yang telah tua dan lain-lain,” sebut Irianto.

Satu hal lagi yang diungkapkan adalah meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali tingginya harga motor besar di Indonesia. Satu motor besar yang dibanderol seharga 22.000 USD di negara produsennya misalnya, dapat dijual di Indonesia dengan harga mencapai 600 juta rupiah.

Tentunya hal ini berkaitan dengan pajak kendaraan motor besar yang dikenakan hingga lebih dari 125 persen. Diharapkan agar perbandingan harga motor besar di Asia yang cenderung lebih murah daripada di Indonesia dapat menjadi bahan pertimbangan. Hal ini karena potensi peningkatan penjualan motor akan justru lebih meningkat untuk pemasukan pajak pemerintah serta meningkatkan pariwisata Indonesia.

MBC

Museum Rekor Indonesia (MURI) juga mengesahkan rekor pengunjung penunggang motor besar terbanyak kepada Motor Besar Club (MBC) yang mendatangkan 4.043 moge ke JIBW. Rekor sebelumnya dipegang oleh Reborn Indonesia, dengan 1.003 motor dalam acara di Pantai Ancol, Jakarta Utara. Penyerahan sertifikat MURI dilakukan oleh Osmas Semesta Susilo, Wakil Direktur MURI, kepada Irianto Ibrahim selaku Sekretaris Jenderal MBC.

Acara ini didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pertamina Pertamax Turbo, Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Victory Indian Motorcycle, JNE, Rumah Sakit Omni International, Palang Merah Indonesia, ABC President “Nu Green Tea”, Cartensz, Whiz Prime Hotel, dan lain-lain; serta semua pendukung booth dan tenant di JIBW 2017. (Rls/NM)

Daftar klub dan komunitas yang hadir dan mendukung acara JIBW 2017:

H.O.G, HDCI, HCB, Runtank, Meddocs, ISHD, Blind Eagle, Silverhawak Indonesia, Super Riders (SR), Riddis Pemotorzz, GeSer, Gesrek, HDPM, B.O.S, MACI, Bikers Brotherhood MC, Chopper Bastardz, Imagineering Customs, Bandidos, Troupe, Royal Enfield Indonesia, Disabled Motorcycle Community (DMC), Tagor, WOW, Pangpolers, Broser, Road Eagle, DDOCI, DSO, Ahooy Geboy, Pilotos, MV Agusta, Black Angels, FGC, CMC, KHDL, SI, Freedom Bogor, REBORN, HDSG, MILES, ERC, Da Bombix, POG, Pemotors Muslim, VICI, MP3, Desmodona Indonesia, WFBR, Piston Pirates, IMBI, KTM, HOT (Harley Owners Telkomsel), Vespa Lovers, RedBro22, Red Dragon, KNI Sonic Pamulang, MIGMOG, Kawasaki Big Bike, Yakuza Black Ninja Chapter Jakarta, White Eagle, Tegar Bikers. MBC 33 Wilayah, termasuk MBC Palembang, MBC Bogor, MBC, Yogyakarta, MBC Bangka, MBC Cianjur, MBC Tangerang, MBC Depok, MBC Bali, MBC Malaysia, MBC Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY