Pakai Flying Start, Balap Motor Cafe Racer IRD 2017 Bakalan Seru

0
balap motor cafe racer
Layout sirkuit Indonesia Rockers Day di Pondok Cabe. Foto: Arif

NaikMotor – Gelaran Indonesia Rockers Day (IRD 2017) di Pondok Cabe Tangerang Selatan antara lain melombakan balap motor cafe racer Race on the Runway dengan sistem flying start, Sabtu (13/5/2017) di Skadron 21 Sena Penerbad.

Menurut pimpinan lomba, Toddy Andreas, yang telah ikut banyak merancang balapan motor hobbies, balap motor cafe racer IRD 2017 mewadahi peminat balapan dengan mengacu gaya balapan jaman dulu dengan pakai flying start atau start berlari seperti di balap endurance serta tetap menyajikan unsur fun

“ Regulasinya tentu kompromi karena kita masih mencari formulasi yang ideal untuk ke depannya, namun kalau soal safety itu wajib. Balapan motor komunitas harus berdasarkan masukan semuanya khususnya soal teknis. Tim saya ada tim scrutineering, baik untuk mengecek saat start maupun setelah podium,” paparnya dalam briefing yang diadakan Kamis (11/5/2017).

Sementara soal layout sirkuit, mantan pembalap ini juga mengatakan dibuat tidak terlalu sulit dan juga tidak mudah.” Panjangnya kan sekitar 800 meter, kita lihat kondisi motornya juga dan memperhatikan safety karena ini balap motor cafe racer komunitas. Jadi, meski power tenaganya besar belum tentu juga bisa juara. Jumlah lapnya mengikuti starter yang ikut,” tambahnya lagi.

Indonesia Rockers Day 2017 garapan Cafe Racer Indonesia juga merencanakan akan mengundang juara Macau GP 1970 Benny Hidayat untuk melakukan victory lap. Acara akan dibuka dengan Rockers Ride diawali dari markas Royal Enfield di Pejaten Jakarta Selatan.

Acara yang didukung Bold Experience akan menghadirkan Gugun Blues Shelter sebagai penampil utama di panggung musik selain beberapa konten lainnya seperti Rockers Dress Up, custom bike show, baazar dan parade karya artwork serta apparel juga spare part.(Arif/nm)

Aturan lomba Indonesia Rockers Day 2017

  1. Setiap peserta diberikan latihan/pengenalan sirkuit pada pagi hari selama 15 menit setiap kelasnya
  2. Setiap kelas akan diberikan waktu untuk latihan resmi dan pit bilamana mempergunakan transponder guna penentuan grid
  3. Bilamana setiap kelas melebihi 16 starter maka akan diadakan sesi penyisihan
  4. Balapan akan menggunakan sistem “flying start”.
  5. Motor akan ditempatkan di salah satu sisi jalan dekat area start dalam posisi agak miring/dalam posisi standard an mesin dalam keadaan mati.
  6. Crew peserta tidak diperbolehkan berada di dekat motor
  7. Peserta bersiap dari sisi berseberangan dengan motor masing-masing
  8. Setelah aba-aba berikan, peserta tersebut berlari kea rah motor masing-masing dan langsung menghidupkan mesin dengan menggunakan kickstarter
  9. Diperbolehkan mendorong motor apabila menghidupkan dengan kickstarter tidak berhasil. Peserta diperbolehkan mendorong motor dijalur yang ditentukan
  10. Dinyatakan GUGUR apabila peserta terdepan berhasil melewati lap pertama sedangkan motor peserta gagal dinyalakan baik dengan kickstarter maupun didorong
  11. Peserta yang gugur wajib mengeleuarkan motor dari lintasan (sisi terluar jalur) dan tidak dibantu oleh crew peserta
  12. Dilarang keras mendorong motor kearah berlawanan arah lomba.

Regulasi Peserta Indonesia Rockers Day 2017

  1. Helm full face (SNI/DOT/bukan repro) WAJIB
  2. Racing Wearpack (alternative)
  3. Busana ala Rockers (jaket kulit, celana denim/bahan tebal, sepatu boots/menutup mata kaki). Best dresscode akan mendapat hadiah menarik!!
  4. Sarung tangan full WAJIB
  5. Protector siku dan lutut WAJIB
  6. Peserta wajib memiliki KIS
  7. Wajib mengikuti SCRUT pada H-1/H-2 sebelum perlombaan di tempat yang telah
  8. ditentukan
  9. Mengikuti segala peraturan dalam balapan

LEAVE A REPLY