Kiprah Duet Suzuki Indonesia di Suzuki Asian Challenge 2017 Suzuka

0
Suzuki Asian Challenge 2017 Suzuka
Lewat Ahmad Saugi da Nur Al Fath, Team Suzuki Indonesia kembali mengumpulkan podium kejuaaraan Suzuki Asian Challenge (SAC) 2017. Foto: Istimewa.

NaikMotor – Team Suzuki Indonesia kembali mengumpulkan podium kejuaaraan Suzuki Asian Challenge 2017 Suzuka di Asia Road Racing Championship (ARRC) Seri 3 di Sirkuit Suzuka Jepang. Dua pembalapnya, Ahmad Saugi dan Nur Al Fath kini bertengger di klasemen 2 dan 3.

Baik Saugi dan Nur Al Fath keduanya konsisten memacu Suzuki GSX-R150. Buktinya di Race 1, Sabtu (3/6) perjuangan mereka tidak bida dikatakan mudah. Peningkatan dan pemerataan skill balap peserta dari negara-negara lainnya membuat jarak di tiap putaran semakin rapat.

Kesulitan yang paling dirasakan yaitu mempertahankan racing line yang ideal dan melakukan overtaking karena selalu terhalangi oleh pebalap lain. Demi menjaga faktor safety hingga garis finish, akhirnya mereka harus berupaya menjaga posisi terbaik tanpa insiden.

Race 1 pun akhirnya tetap bisa menjadi milik Team Suzuki Indonesia berkat podium ke-3 yang diraih Ahmad Saugi. Persaingan sengit diberikan oleh pebalap asal Thailand dan juga tuan rumah, Jepang yang jauh lebih sering menaklukan lintasan tersebut.

Kemenangan Ahmad Saugi di Race 1 memberikan semangat tambahan bagi anggota tim lainnya di Race 2 pada siang hari.

Ketatnya persaingan di barisan terdepan memberikan tekanan baru yang harus dilawan oleh pebalap Indonesia. Saugi menemukan celah terbaik hingga akhirnya sempat bisa menyodok ke grup depan dan berhasil mempertahankan posisi podium dua.

“Tidak sia-sia saya meluangkan waktu berlatih khusus di Indonesia. Pelajaran yang saya ambil tidak hanya soal teknik di atas motor dan lintasan, tetapi juga bagaimana mengatur kepekaan dan kecepatan membuat strategi di tempat bertanding yang baru,” kata Saugi.

Belajar dari gerakan Saugi, Nur Al Fath menemukan kuncian untuk bisa menempel barisan depan dan menutup peluang pebalap lain di belakangnya. Ia mengaku memaksimalkan batasan dirinya saat melibas tikungan, dan hasilnya sukses memperoleh podium ketiga di Suzuki Asian Challenge 2017 Suzuka.(Rls/NM)

Klasemen Pembalap Team Suzuki Indonesia di Suzuki Asian Challenge 2017:
2 Nur Al Fath Sam Ahmad (#27) 85 poin
3 Ahmad Saugi Muchtar (#11) 82 poin
8 Chepy Armansyah (#76) 44 poin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here