Kontrol Traksi dan Deselerasi Mesin jadi Masalah Utama Suzuki WSBK

0
75

Suzuki-Masalah-2

Assen (naikmotor) – Sangat disayangkan tentunya bagi Randy de Puniet yang tak mampu tampil kompetitif di sirkuit Assen, Belanda pada perhelatan World Superbike Championship (WSBK) akhir pekan lalu, lantaran sirkuit ini sangat rutin menggelar balapan di kelas MotoGP.

Harapan untuk tampil kompetitif, tentunya sangat besar. Namun paket yang ditawarkan motor tersebut, ternyata masih tak sesuai dengan keinginan kedua pembalapnya. Buktinya baik De Puniet maupun Alex Lowes tak bisa tampil kompetitif.

“Sejak mengawali pekan balap di WSBK Belanda, kami tidak pernah merasakan paket terbaik pada motor. Terutama setup kontrol traksi yang tidak pernah ketemu performa terbaiknya. Kemudian juga deselerasi mesin alias engine braking yang sangat tak stabil. Motor ini sangat sulit dikendarai dengan nyaman, makanya di zona pengereman masalah saya selalu sama,” keluh pembalap asal Perancis itu.

Motor yang seharusnya digunakan oleh De Puniet pada race kedua memang sudah tak mungkin lagi. Lantaran motornya hancur dan tak mungkin dilakukan perbaikan dalam waktu singkat. Sayang motor keduanya malah belum mengalami setup yang sempurna. Sehingga Ia memutuskan untuk berhenti hanya beberapa lap.

“Kami memang sudah mewanti-wanti ke de Puniet untuk tak memaksakan performa motor. Kalau merasa tak nyaman dengan paket yang ada, sebaiknya berhenti dan jangan memaksakan kondisi seperti itu. Kami tak ingin mereka malah mengalami kecelakaan,” dukung Paul Denning, selaku manager Suzuki Racing team.

Untuk putaran selanjutnya, bakal berlangsung di Sirkuit Imola, Italia. Sirkuit ini penuh dengan zona pengereman berat dan merupakan kelamahan motor Suzuki GSX-R1000. Juga ragam konfigurasi tikungan panjang yang menuntut kontrol traksi yang sempurna bagi motor. Jadi banyak yang memprediksi bahwa Suzuki masih belum kompetitif di sana. (Spy/NM) Foto: Suzuki Racing

LEAVE A REPLY

*