Motor Anyar Yamaha T7 Rally Titisan Tenere Kepergok Tengah Diuji

0
146
Yamaha T7 rally
Yamaha T7 Rally tak lama lagi akan meramaikan pasar adventure menengah. Foto: MCN

NaikMotor – Motor adventure yang pernah tampil sebagai konsep di EICMA Milan November 2016, Yamaha T7 Rally kepergok tengah diuji di Eropa beberapa waktu lalu.

Yamaha T7 Rally itu memang disebut-sebut sebagai titisan Tenere. Ketika Yamaha XT660Z Tenere yang menjadi inspirasi T7, pernah menjadi jawara di 9 reli Dakar pada 1980-1990. Tetapi Tenere sendiri memang tamat riwayatnya ketika tak mampu memenuhi standar emisi yang berlaku semakin ketat.

Kini, sepertinya motor turunan Tenere tersebut tak akan lama lagi akan berada di showroom, pasalnya, sebuah sosok mirip T7 dalam kamuflase kepergok tengah diuji. Seperti yang dilansir oleh motorcyclenews.com.

Yamaha T7 Rally itu diperkirakan menggunakan mesin serupa pada MT-07, 689cc, seperti yang dipakai oleh Tracer 700 2016 model touring. Mesin parallel-twin itu mampu menghasilkan 74 daya kuda dan kaya dengan torsi sehingga pantas untuk penggerak motor adventure.

Selain itu Yamaha T7 Rally menggunakan pula display LCD pada MT-07 yang tampil sederhana dan mudah dibaca. Namun, tampaknya rangkanya jauh berbeda dengan model roadsternya itu. T7 tampaknya memang disiapkan sebagai motor adventure, dengan ban depan ukuran 21 inci dan belakang 17 inci. Ban produk Pirelli Scorpion MT90 itu memiliki kembangan khas untuk dual purpose.

Selain itu, setang yang lebar dan tinggi serta pijakan kaki model enduro semakin menegaskan gaya rally-nya. Termasuk berbagai panel pelindung samping, mesin hingga radiator. Model tampaknya memang siap diproduksi sebab dihadirkan dengan knalpot, bagian belakang dan suspensi seperti pada unit produksi.

Walau demikian, T7 tampaknya tak melulu seperti motor Rally, sebab joknya kini lebih panjang tak seperti konsepnya yang model single seater.

Yamaha sepertinya mempercepat T7 Rally masuk jalur produksi, maklum pasar adventure di kelas itu sudah mulai padat, ada Triumph Tiger 800 XC, disusul KTM 790 Adventure, BMW Motorrad F850GS. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*