Dapat Royalti, Norton Rangkul Zongshen Bikin Mesin Baru Twin 650cc

0
Norton rangkul Zongshen bikin mesin baru twin 650cc
Norton Motorcycles menyepakati kerjasama dengan Zongshen asal CIna untuk desain dan lisensi mesin baru twin 650cc. Foto: Norton

NaikMotor – Merasa dirinya produsen kecil, Norton Motorcycles melakukan langkah strategis untuk memperluas pasar dengan menggandeng Zongshen, produsen motor asal Chongqing, Cina. Norton rangkul Zongshen bikin mesin baru twin 650cc untuk 20 tahun ke depan.

Dalam akun facebook resminya, Norton mengatakan untuk dapat bersaing melawan biaya pengembangan merek besar global, pihaknya membutuhkan langkah besar. Karena itu, ketika insinyur mereka merancang mesin dan menjual IP bagi Norton adalah sebuah cara mendapatkan kembali investasi pabriknya sekaligus memperkuat posisi manufakturnya.

Perjanjian kerjasama soal Norton rangkul Zongshen bikin mesin baru twin 650cc dilakukan untuk desain dan lisensinya, Kamis (27/7/2017). Mereka sepakat mengembangkan mesin baru twin 650 oleh Norton dan Rocardo yang dibuat khusus sesuai klasifikasi Zongshen serta memenuhi emisi Euro4.

Studio Bike Indonesia

Bagi Zongshen, rancangan mesin yang memenuhi aturan soal emisi akan menjadi langkah besarnya di pasar motor global. Mesin dan IP yang dikembangkan Norton sifatnya sangat spesifik untuk Zongshen dan akan diproduksi dengan memakai brand Zongshen atau Cyclone.

Norton akan mendapatkan royalti dalam setiap produks mesin oleh Zongshen karena itulah setiap IP-nya tetap dikunci khusus. Tahun lalu, saja, Zongshen menghasilkan 4 juta mesin. Jadi, bisa dibayangkan keuntungan yang akan didapatkan Norton dengan kerjasama ini yang ditaksir jutaan dollar.

Menurut CEO Norton, Stuart Garner langkah ini sebuah kemajuan besar dari platform mesin baru 650cc kami seklaigus menunjukkan keahlian teknik tingkat tinggi yang kami dapatkan di Norton. “ Bekerja dengan Zongshen ke depan akan memungkinkan mereka menghasilkan mesin beremisi rendah berkualitas tinggi yang sesuai dengan standar global saat ini,” sebut Stuart.

Menurutnya dengan komersialisasi IP adalah salah satu area kunci Norton untuk bisa mendapatkan kembali investasinya ke pabrik dalam hal skill dan pelatihan  teknik. “ Hal ini akan menjamin kelanjutan jangka panjang sepeda motor orang Inggris membuat motor Norton di Inggris. “

Norton menegaskan akan terus membuat semua mesin Norton miliknya sendiri dipabriknya di Donington Hall Inggris. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here