Tim Pabrikan MotoGP Ramai-ramai Menguji Perangkat Baru di Tes Brno

0
Menguji Perangkat Baru di Tes Brno
Fairing baru Yamaha yang diuji di tes resmi MotoGP di Brno. Foto: Yamaha

NaikMotor – Menghadapi seri berikutnya di Sirkuit Red Bull Ring Austria pekan depan, tim pabrikan MotoGP ramai-ramai menguji perangkat baru di tes Brno, Senin (7/8/2017). Mulai, mesin, sasis, fairing, ban hingga fork baru dijajal mereka untuk menemukan setup terbaiknya.

Bila di race Brno kemarin, Lorenzo turun dengan fairing baru di Ducati GP17, maka di sesi tes giliran rekannya Andrea Dovizioso yang menggunakannya. Dari hasil akhir tes, Dovi berada di urutan ke-11, sementara Lorenzo tampil cukup cepat di posisi keempat.

Dovi dengan fairing baru. Foto: Ducati

Yang ditunggu-tunggu tentu saja penampilan aerobody baru tim Movistar Yamaha. Keduanya turun memakai bentuk fairing depan lebih tajam di bagian samping dengan dua sayap serta terdapat tambahan empat winglet yang menempel ke bagian sisi fairing. Sebuah evolusi penting bagi Yamaha menjelang putaran berikutnya di Red Bull Ring, di mana butuh aeodinamika bagus menghadapi trek straight yang panjang.

Hal ini yang menjadi tugas para insinyur Yamaha, seperti yang diungkapkan Kouji Tsuya, project leader Yamaha M1, bahwa “menghapus sayap adalah sebuah kesalahan”. Selain fairing baru, Vinales dan Rossi juga menjajal fork depan Ohlins baru bermaterial karbon. “Saya menyukai fork ini karena membantu mengubah arah motor dengan mudah dan enteng.Sebuah pilihan bagus,” komentar Rossi soal fork baru Ohlins.

Fork Ohlins baru dijajal Vinales. Foto: Yamaha

Sementa Marquez dan Pedrosa menguji beberapa setingan baru serta membenahi sektor elektronik motor ternasuk ban Michelin. Tim Honda lainnya, Cal Crutchlow ikut merasakan ban depan Michelin baru dengan material anyar untuk musim 2018. Michelin juga membawa ban yang dipakai di Misano tahun lalu untuk menguji pengereman.

Marquez menjajal ban Michelin. Foto: Honda

Lalu pabrikan Aprila ikut menguji perangkat baru di tes Brno mulai mesin, airbox, knalpot, girboks termasuk swingarm oleh Aleix Espargaro yang finis di urutan ke-10 dengan 51 lap. Sementara Suzuki yang tengah terpuruk mencoba spesifikasi mesin untuk 2018 oleh Iannone selain fokus pada pengereman serta ban Michelin baru. Suzuki juga menyertakan test rider, Takuya Tsuda yang khusus untuk menjajal elektronik.

Aleix Espargaro mencoba mesin dan swingarm baru Aprilia. Foto: Aprilia

Begitu juga KTM yang akan bertindak sebagai tuan rumah di seri depan, mereka bekerja keras meningkatkan stabilitas sasis dan akseselrasi motor. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here