Jefri Tosema Curhat, Kecewa Meski Menang di SAC Sentul 2017

0
Jefri Tosema Curhat, Kecewa Meski Menang di SAC Sentul 2017
Jefri Tosema, Juara Asia 2016 tapi tidak punya tim dan tidak bisa balapan. Foto: Gilang Satria

NaikMotor – Jefri Tosema curhat, kecewa meski menjuarai race 2 Suzuki Asia Challenge (SAC) ARRC Sentul 2017. Pasalnya, walau podium 1 lewat wild card dan menyandang status Juara Asia 2016, hingga kini ia belum punya tim dan menggangur dari dunia balap.

“Sebetulnya saya kecewa karena setelah Juara Asia 2016 saya tidak punya tim dan tidak bisa balapan. Sekarang saya sedang fokus kuliah di Jurusan Ekonomi Universitas Islam Riau (UIR),” kata Jefri yang ditemui usai angkat piala di Sentul, Minggu (13/8/2017).

Beruntung bakatnya menarik perhatian Yukio Kagayama selaku pemilik tim Suzuki Kagayama. Mentor Suzuki Asia Challenge tersebut menawarkan Jefri untuk ikut seleksi menjadi pembalap di kelas SuperSport 600 musim 2018. Namun Jefri harus membuktikan dulu kemampuannya.

Jefri Tosema Buktikan Masih Jadi yang terbaik
Jefri Tosema membuktikan dirinya belum habis dan masih jadi yang terbaik di Suzuki Asia Challenge (SAC) ARRC Sentul 2017.

Kabar ini menjadi catatan tersendiri baik bagi Jefri maupun Suzuki Kagayama. Sebab tim balap Jepang itu terakhir ikut SS600 yakni pada musim 2016 dan absen di ARRC 2017. Sedangkan buat Jefri ini merupakan kesempatan menunjukkan kualitasnya kepada Kagayama.

“Memang Kagayama memberikan itu (tes pembalap). Tapi belum tahu kapan. Sebetulnya tes-nya rencananya tahun ini, tapi sampai sekarang belum dihubungi. Waktu dia menghubungi buat wild card main di SAC Sentul langsung saya iyakan, dan saya meraih podium 1 di sini,” katanya.

Meski belum ada kepastian kapan akan tes bersama Suzuki Kagayama membesut GSX-R600, Jefri megaku sudah menyiapkan mental. “Pastinya saya latihan, karena tidak sama membawa motor kecil dan motor besar. Apalagi saya juara pakai Satria, sekarang pakai GSX,” katanya.

Tim Suzuki Kagayama musim 2015 yang diperkuat Rafid Topan dan Noriyuki Haga.

Adapun Jefri setelah memegang Jaura Asia 2016 tidak langsung ikut seleksi Suzuki Kagayama SS600 lantaran informasi terakhir didapat, kontrak Suzuki dengan Kagayama di kelas SS600 hanya 2 tahun sejak 2015 lalu. Karena itu Suzuki Kagayama tidak turun di musim 2017.

Tim Suzuki Kagayama terakhir diperkuat Patis Chooprathet dan Noriyuki Haga diĀ  musim 2016. Patis menggantikan posisi Rafid Topan di musim 2015, dan mendapat tempat setelah bersaing dengan Andreas Gunawan asal Indonesia yang menjadi juara SAC 2015.

Jika ingin menjadi pembalap Kagayama di SS600, artinya Jefri akan ikut seleksi bersama para juara SAC 2017. Jika demikian, waktu tes masuk pembalap yang masih tentatif itu ditengarai baru bakal berlangsung setelah SAC 2017 berakhir akhir tahun ini.(Agl/NM)

Jefri Tosema SAC 2016

LEAVE A REPLY