Pabrik Baru Federal Oil di Cilegon Mutakhir Karya Anak Bangsa

0
pabrik baru Federal Oil di Cilegon
Pabrik baru Federal Oil berupa Lube Oil Blending Plant (LOBP) hadir dengan konsep modern hasil karya anak bangsa. Foto: Istimewa

NaikMotor – Menempati area seluas 2 hektar, pabrik baru Federal Oil di Cilegon milik PT Federal Karyatama (MPM Lubricants) diresmikan hari ini, di kawasan Krakatau Industrial Estate Cilegon, Rabu (23/8/2017).

Pabrik baru Federal Oil di Cilegon berupa Lube Oil Blending Plant (LOBP) hadir dengan konsep modern hasil karya anak bangsa. Proses produksi awal Juli, memiliki kapasitas produksi maksimum 100 juta liter setiap tahun meningkat dua kali lipat ketimbang di Pulogadung yang perlahan akan di-shutdown dan beralih ke Cilegon.

Komisaris Utama PT Mitra Pinasthika Mulia, Tbk Edwin Soeryadjaya meresmikan pabrik baru Federal Oil

“ Yang membuat bangga, pabrik secara rancangan hasil karya anak bangsa mulai mulai desain, tidak pakai konsultan asing termasuk jantung dari pada pabrik ini yakni blending system-nya rancangan putra FKT (Federal Karyatama-red) artinya in house design,” sebut Patrick Adhiatmadja, Direktur Utama PT Federal Karyatama.

Menurut Patrick, pabrik baru ini sarat dengan teknologi didukung oleh sistem manajemen produksi ISO 9001 mulai dari sistem penerimaan material isi tangki ke pipa melalui sistem Scada, penyimpanan, proses blending, filling bottling dan packaging machine terintegrasi.

“ Dengan sistem Scada (sistem kontrol data) akan meminimalisir kemungkinan salah blending proses pengadukan sesuai formula. Jantung dari pabrik yakni blending systemnya menggunakan   teknologi TVMC (Turbo venturi Molecule Chrusher) generasi ketiga yang dikembangkan tim FKT dari generasi pertama dan kedua di pabrik Pulogadung untuk disempurnakan di sini,” sebut Patrick.

Sistem TVMC akan membuat prosesnya akan lebih cepat namun  tetap menjaga homogenitas khususnya antara base oil dan campuran aditif lainnya. Federal Oil sedikit dari produk pelumas nasional yang sudah mengantongi SNI, meski belum diwajibkan oleh pemerintah.

Pabrik baru Federal Oil diresmikan oleh Edwin Soeryadjaya, Komisaris PT Mitra Pinasthika Mulia, Tbk, induk perusahaan dari PT Federal Karyatama. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here