Jika Vespa Bertranformasi Menjadi Harley, Sport Bike, dan Motocross

0
Vespa
Vespa sering jadi bahan modifikasi, mulai dari yang minimalis hingga ekstrem. Inilah jika Vespa bertransformasi menjadi bentuk lain. Foto: Jennings

NaikMotor – Tidak ada yang meragukan Vespa sebagai salah satu ikon motor paling popular. Skuter Italia itu bisa merasuk ke segala sendi mulai dari penggila motor sampai fashionista. Vespa pun sering jadi bahan modifikasi, mulai dari yang minimalis hingga ekstrem.

Kelenturan Vespa dalam budaya bermotor itu pun menarik perhatian Jennings Motor Group, yakni rantai diler Harley-Davidson di Amerika Serikat yang telah berusia lebih dari seratus tahun, dengan membuat enam sketsa modifikasi.

Sketsa yang dibuat bukan sembarang modifikasi, melainkan pengejawantahan Vespa ke dalam bentuk baru. Contohnya saja ada Vespa chopper, sport, touring, cafe racer, dan futuristik. Hasilnya pun cukup menarik, karena Vespa bertransformasi jadi sesuatu yang baru.

Tema Chopper

Untuk tema chopper, disainer Jennings Motor Group membawa aura Harley-Davidson custom. Cir-ciri chopper tercermin dari stang tinggi, sudut fork menjulur, ban depan telanjang tanpa fender, jok rendah, dan ada tambahan end bar.

Tema Sport, garis desainnya Suzuki Hayabusa

Untuk tipe sport mencontek beberapa garis Suzuki Hayabusa. Unik, sebab bentuknya seperti Suzuki Hayabusa versi kartun dengan sudut serba bulat. Indentitas asli hanya terlihat di tepong kiri kanan, sementara sisanya benar-benar bertampang sport.

Tema Cafe Racer

Kemudian tema yang lain yakni cafe racer. Disaner Jennings Motor Group membuat tebeng depan lebih ringkas, stang jepit, jok sejajar, knalpot termignoni menjulang ke atas, serta tambahan buntut tawon khas motor kebut-kebutan Inggris era 60-an.

Tema Touring

Masih membawa tema Harley-Davidson tema touring sangat erat dengan HD Electra Glide, terutama fasia depan muali tebeng, wind screen dan fender depan. Tepong kiri-kanan jadi panier yang biasa ada di Electra Glide, termasuk jok besar dan antena di belakang.

Tema Off-Road/Dirt Bike

Tema motocross merupakan yang paling jauh dari kesan aslinya. Motor jadi jangkung dengan suspensi tinggi dan aplikasi ban pacul. Tepong kiri-kanan juga telah disunat untuk memberikan proporsi motor garuk tanah. Ciri khas ‘si tawon’ hanya terlihat dari foot peg melengkung.

Tema Futuristik terinspirasi film Torn

Bisa dikatakan inilah contoh Vespa masa depan yang terinspirasi dari motor di film Tron. Ciri khas Vespa masih terlihat meski mengusung tema futuristik. Paling unik yakni aplikasi ban hubless serta stang tanpa fork depan. Ban bergerak dengan sambungan siklus.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY