Wujud Penerus Honda Monkey Sudah Mejeng di Tokyo Motor Show

0
Honda Monkey Z125
Generasi baru Honda Monkey Z125 memiliki tubuh lebih bongsor dibanding Monkey Z50. Foto: Istimewa

NaikMotor – Bagaimanapun Honda tidak akan tega menyuntik mati Honda Monkey tanpa adanya penerus. Maka setelah edisi terakhir Monkey meluncur di Jepang maret lalu, Honda Motor Co kini memamerkan generasi baru yang lebih segar di Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Disebut lebih segar karena New Monkey yang dipajang di TMS kali ini merupakan edisi milenial. Meski belum akan diproduksi dan masih konsep, namun melihat detailnya orang tidak akan ragu menyebut bahwa motor ini sudah hampir memasuki tahap final.

Honda Monkey

Berbeda dengan Monkey jadul berkode Z50, postur badan New Monkey lebih besar. Pelek 8-inci digusur diganti 12-inci dengan desain palang ‘Y’ mirip Honda Vario Techno. Selain itu Monkey terbaru juga dibekali rem cakram di bagian depan dan belakang, fork depan up side down, dan sasis baru.

Meski banyak yang baru termasuk head lamp dan stop lamp LED serta speedometer digital, namun Honda tetap mempertahankan siluet aslinya. Bedanya dengan Honda Monkey yang lama, versi baru mengusung mesin 125cc yang ditengarai diambil dari Honda MSX125 alias Honda Grom.

Honda Monkey
Penampilan New Honda Monkey di IMoS 2016. Hanya beda livery, head lamp, dan air boks dengan yang di TMS 2017.

Sejatinya New Monkey yang ada di TMS 2017 merupakan pengembangan dari Monkey concept yang pernah hadir di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016. Saat itu versi konsep ini dibawa oleh Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Honda SH150i yang kemudian meluncur di IIMS 2017.

Honda Monkey
Paten generasi baru Honda Monkey yang bocor September 2016.

Isu Honda bakal meneruskan generasi Monkey sudah tercium dari bocornya paten New Monkey pada September tahun lalu. Saat itu muncul paten yang diduga New Monkey menggendong mesin 125cc, kemudian versi konsepnya juga tampil di IMoS 2016, dan sekarang di TMS 2017.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY