BMW Motorrad C400X, Urban Mobility Baru

0
BMW Motorrad C400X
BMW Motorrad C400X skuter matik menengah baru dihadirkan saat EICMA 2017. Foto: BMW Motorrad

NaikMotor – Di EICMA 2017, pabrikan dari Jerman menghadirkan urban mobility baru, skuter matik BMW Motorrad C400X. Skuter matik yang menandai BMW Motorrad memasuki segmen baru.

BMW Motorrad C400X akan menambah produk skuter maxi BMW sebelumnya, C600 dan C650GT. Tetapi penampilan C400X futuristik dengan silhouette mengkotak bersudut tajam. Bahkan, lampu utama dan lampu pendukungnya semua LED.

Sistem elektroniknya lengkap dengan kontrol stabilitas, kontrol traksi dan ABS. Layar TFT 6,5 inci di dasbornya bisa melakukan koneksi dengan selular pintar, untuk media streaming, panggilan telepon dan navigasi via aplikasi BMW Connected. Skuter dilengkapi juga dengan keyless sebagai opsi.

BMW Motorrad C400X bermesin 350 cc silinder tunggal SOHC yang benar-benar baru. Mesin akan menghasilkan 34 daya kuda dan torsi 35 Nm, dengan CVT sebagai transmisi sehingga skuter baru itu mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 9,5 detik, dan kecepatan puncak 139 km/jam.

Seperti produk BMW Motorrad lainnya, C400X telah didesain untuk kemudahan berkendara. Seperti penempatan mesin dan transmisi secara horizontal rendah pada rangka tubular bajanya. Sehingga centre of gravity menjadi rendah, dan ditautkan dengan bushing karet rigid untuk mengurangi getaran. Pada mesin pun ditempatkan balancer dengan maksud sama.

Sementara peredaman langsung dengan jalan, pada suspensi depan digunakan garpu konvensional 35mm, dan suspensi belakang model strut ganda dengan per. Rem bersistem ABS dua kanalnya, mengandalkan cakram 265 mm dengan kaliper 4 piston radial di bagian depan, dan belakang kaliper single piston.

Kompartemen penyimpanan di bawah jok C4000X cukup lega, untuk menyimpan sebuah helm full face dan sebuah open face, serta ditambah dengan perlengkapan kecil lainnya seperti gadget. Bagasi dilengkapi dengan power oulet 12VDC.

Kabarnya, BMW Motorrad C400X akan dipasarkan tahun depan, meski masih tentatif.  Tersedia dalam 2 pilihan warna Zenith Blue dan Alpine White, harganya diperkirakan sekitar Rp 108 juta di Eropa. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here