Albesiano: Aprilia RS-GP 2018 Mengalami Evolusi, Bukan Ubahan Radikal

0
Aprilia RS-GP 2018
Espargaro, Aprilia RS-GP 2018 masih 75%. Foto: speedweek

NaikMotor – Di Tes Pra Musim MotoGP 2018 Sepang tim Aprilia mencoba dua versi RS-GP. Meski cukup banyak ubahannya, tetapi manajer tim Romano Albesiano menyatakan Aprilia RS-GP 2018 mengalami evolusi bukan ubahan radikal.

Albesiano menyebutkan antara RS-GP 2017 dan versi 2018 memang sedikit saja persamaannya. “Hampir tidak ada komponen yang identik antara keduanya. Perbedaan itu ada pada bagian mesin, sistem pendinginan, rangka, swingarm karbon, dan bahkan panel aerodinamikanya. Karena memang kami tengah menguji berbagai aspek,” jelasnya kepada media gpone.

Aprilia RS-GP 2018
GPone

Meski demikian Albesiano menyatakan Aprilia RS-GP 2018 mengalami evolusi bukan ubahan radikal. “RS-GP 2018 mengalami evolusi bukan revolusi,” tegasnya.

Sekilas RS-GP 2018 itu masih seperti pendahulunya, tetapi tangki bahan bakar ternyata tanpa tutup, karena memang itu tangki palsu untuk menyimpan elektronika dan airscoop. Sementara tangki sebenarnya diletakkan di bawah jok, dengan lubang pengisian di belakang jok single-nya.

Rangka delta box pun kini terlihat lebih tebal, dengan tekukan tengah spar yang menonjol. Knalpot Akrapovic-nya pun tampak berdesain baru.

Redding

Memang hasil tes hari pertama itu belum menunjukkan hasil terbaik, tetapi Aleix Espargaro, pembalap Aprilia MotoGP menyebutkan, “Motor masih 75%. Sayangnya, putaran awal masih kikuk, seperti sudah lama tidak bermotor lagi. Tetapi semakin lama semakin membaik, mesin memang perlu peningkatan performanya, walau sasis menurut saja saat di tikungan.”

Espargaro berada di posisi ke-14 saat Tes Pra Musim MotoGP 2018 Sepang hari pertama, dan Scott Redding berada di posisi ke-21. Mereka berselisih 1,4 detik dan 2,5 detik terhadap Pedrosa yang tercepat hari itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*