Aerofairing Aprilia RS-GP akan Diuji di Tes MotoGP 2018 Qatar

0
Aerofairing Aprilia RS-GP
Aerofairing Aprilia RS-GP 2018 pada motor Aleix Espargaro di tes Buriram. Foto: aprilia

NaikMotor – Tes MotoGP 2018 Qatar akan berlangsung 1-3 Maret di Losail International Circuit mendatang. Dalam kesempatan itu aerofairing Aprilia RS-GP akan diuji.

Tim MotoGP 2018 yang hingga saat ini belum juga menetapkan secara gamblang wujud aerofairing pada motor balap MotoGP-nya adalah Aprilia Racing Team Gresini pada RS-GP 2018-nya. Pasalnya, sejak tes Sepang dan Buriram kedua pembalapnya masih sibuk dengan setingan motor dan aerofairing model prototipe.

Scott Redding

Selain itu, aerofairing itu belum diuji di terowongan angin secara definitif. Sementara kesempatan terakhir preapproval hanya tinggal di tes Qatar. Namun, menjelang tes Qatar, saat ini, tim Noale itu telah melakukan tes di terowongan angin di Universitas Perugia, untuk aerofairing Aprilia RS-GP 2018.

“Seperti tim lainnya aerodinamika menjadi bagian terintegrasi pengembangan motor balap MotoGP. Aerofairing sebagai cara mengekspresikannya,” kata Romano Albesiano, manajer tim Aprilia MotoGP soal aerofairing Aprilia RS-GP 2018. “Meskipun kedua pembalap kami, Aleix dan Scott, masing-masing membutuhkan aerodinamika yang berbeda karakternya. Namun, aerofairing hasil tes lab dengan berbagai perhitungan komputer itu akan kami hadirkan dan lebih lanjut di Qatar.”

Hasil tes Aleix Espargaro dan Scott Redding di Buriram yang lalu, baru menempatkan mereka di posisi ke-14 dan ke-20 saja. Aleix masih berselisih hampir 1 detik dengan pembalap tercepat. Memang belum bisa dipastikan perolehan waktu Aleix tersebut apakah terbantu dengan aerofairing model pertama itu. Aerofairing Aprilia memang tampak lebih kompak dibandingkan Honda yang tercepat di Buriram.

Kita tunggu saja kiprah aerofairing Aprilia RS-GP akan diuji di Qatar yang sudah ‘di-redefined’ setelah melalui uji terowongan angin. Paling tidak bisa membuat Espargaro dan Redding lebih positif. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY