Sirkuit Ordos Mongolia, Unik yang Terlupakan

0
216
Ordos-Circuit-Mongolia
Sirkuit Ordos di Mongolia memiliki panjang 3.750 metet dengan 18 tikungan dan 38 meter elevasi. Uniknya, tikungan-tikungan yang dibuat cukup kompleks, sehingga trek membentuk kuda berlari.

Mongolia(naikmotor)-Kota Ordos di Mongolia memang telah dibangun kembali oleh Tiongkok setara dengan kota Propinsi baru. Tetapi kota lebih banyak ditinggalkan oleh penghuninya oleh berbagai sebab. Sehingga pembangunan struktur bangunan dan fasilitasnya lebih banyak daripada penghuninya. Wajar jika Aljazeera pernah menyebutnya sebagai kota hantu.

Salah satu fasiltas yang tersedia adalah Ordos International Circuit. Sirkuit memiliki panjang 3.750 metet. Dengan 18 tikungan dan 38 meter elevasi. Uniknya, tikungan-tikungan yang dibuat cukup kompleks, sehingga trek membentuk kuda berlari. Tak heran dengan model sirkuit demikian, sebab Ordos merupakan kota keahiran Jengis Khan. Kaisar penakluk Asia Eropa dengan pasukan berkuda yang tangguh.

Sirkuit ternyata menjadi pusat Genghis Khan Cup, balapan tiga seri dengan 20 peserta tiap serinya. Sirkuit pernah menjadi tuan rumah FIA GT1 World Championship dan Superleague Formula dan berbagai balapan lokal Tiongkok. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*