Trial Listrik Yamaha TY-E Tampil di Tokyo Motorcycle Show 2018

0
Yamaha TY-E Tampil di Tokyo Motorcycle Show 2018
Trial listrik Yamaha TY-E ringan berangka komposit karbon plastik. Foto: Yamaha

NaikMotor – Ternyata setelah mendaftarkan patennya di Eropa, trial listrik Yamahta TY-E tampil di Tokyo Motorcycle Show 2018 yang akan berlangsung hingga 25 Maret 2018 di Tokyo Big Sight.

Selain tak mau ketinggalan soal elektrifikasi motor kompetisi. Yamaha sepertinya memang serius untuk menjajal FIM Trial E-Cup, sehingga dalam waktu singkat saja setelah mendaftarkan paten, Yamaha TY-E tampil di Tokyo Motorcycle Show 2018.

Yamaha TY-E seperti motor listrik lainnya memiliki fitir utama motor listrik dan baterai. Namun sedikit berbeda dengan kompetitornya adalah trial listrik Yamaha itu dilengkapi kopling mekanis dan roda gila, untuk mengatur modulasi tenaga keluaran. Atau untuk memberikan sensasi penhendaraan seperti sepeda motor konvensional.

Tetapi yang paling menonjol dari trial Yamaha itu adalah beratnya yang kurang dari 70 kg. Padahal trial konvensional bermesin bensin seperti Montesa Cots 300RR yang berdaya setara dengan TY-E beratnya 77 kg. Ringannya TY-E dimungkinkan berkat penggunaan bahan komposit karbon plastik yang diperkuat atau CFRP pada rangkanya. Sekaligus fakta pertama kalau sepeda motor listrik bisa lebih ringan daripada sepeda motor konvensional di kelas yang setara. (Afid/nm)

Spesifikasi Trial Listrik Yamaha TY-E

Motor AC synchronous, daya –
Baterai Lithium-ion, Kapasitas –
Transmisi Kopling multiplat hidrolik
Rangka Monokok berbahan CFRP

Dimensi panjang 2,003mm x lebar 830mm x tinggi 1,130mm
Jarak sumbu roda 1,310mm
Celah tanah 350mm
Berat 70kg

LEAVE A REPLY

*