Muncul di IIMS 2018, Harga H-D Road King Kayu Ini Setara Avanza

0
IIMS 2018
Meski berbahan kayu, Harley Davidson Road King ini dibuat cukup detail. Foto: Bayu

NaikMotor – Tiap tahun selalu ada yang menarik di Indonesia International Motor Show (IIMS). Selain mobil dan motor baru, IIMS 2018 juga merupakan ajang perusahaan-perusahaan lain yang terkait industri otomotif memamerkan produk mereka.

Contohnya yakni motor dan mobil kayu yang berada di IIMS 2018 hall B2, JiExpo buatan PT Sumber Sejahtera Alamindo (SSA), perusahaan yang bergerak di bidang wood crafting yang memajang 2 unit Harley Davidson Road King dan Ferrari dengan ukuran asli 1:1.

Meski berbahan kayu, Harley-Davidson Road King berbahan kayu sengon itu dibuat cukup detail. Proporsinya tidak berubah jauh dari aslinya. Detail paling terlihat yaitu pengerjaan di bagian blok mesin, dimana sirip-sirip di head dan push road dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

IIMS 2018

Detail lainnya yaitu handel rem dan kopling yang bisa digerakkan, dan ditambah kabel biar makin mirip asli. Foot step dan gear shift di sebelah kiri juga bisa digerakkan, termasuk segitiga di fork depan yang dibuat dengan presisi.

Santoz Marcoz, owner PT SSA mengatakan, seluruh motor dan mobil kayu ini dibuat di workshop di Boyolali, Jawa Tengah. SSA sendiri awalnya perusahaan yang bergerak di wood trading tapi mulai mencoba ekspansi membuat produk olahan kayu.

“Kita mulai produk olahan kayu sekitar dua tahun kemarin, tapi sebelumnya sudah lama di bidang wood trading. Konsumen kita kebanyakan buat ekspor, pembelinya adalah mereka yang suka karya seni atau hotel dan restoran. Jadi lebih ke karya instalasi,” katanya.

IIMS 2018

Santoz tidak bisa merinci harga karena produknya kebanyakan dijual dengan kurs dollar AS. Namun sebagai perbandingan, motor kayu bisa ditebus mulai 15 ribu dollar atau sekitar Rp 200 jutaan, sedangkan untuk mobil mulai 50 ribu dollar atau sekitar Rp 690 jutaan.

“Kita terima pesanan kalau ada yang mau model lainnya, bukan cuma H-D tapi motor-motor Inggris, Jepang dan lainnya juga kita bisa buat. Mobil juga sama bukan cuma Ferrari, yang lain juga bisa. Pengrajin kita handal dan biasa membuat replikanya,” pungkasnya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here